Posted by: deddyek | January 21, 2008

Wisata Kawah Gunung Tangkuban Parahu

Obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung berapi yang terdapat di Jawa Barat. Gunung ini disebut Tangkuban Perahu karena bentuknya mirip dengan perahu yang terbalik. Kata “tangkuban“ (bahasa Sunda) berarti terbalik. Gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 2.084 meter di atas permukaan laut ini mempunyai berbagai macam kawasan hutan.

Gunung Tangkuban Perahu puncaknya datar dan memanjang mirip dengan perahu yang terbalik. Bentuk seperti ini jarang terdapat pada gunung-gunung berapi pada umumnya. Selain bentuknya yang unik, gunung ini juga tampak asri karena di lereng gunung tersebut terhampar kebun teh yang sangat luas. Dari puncak gunung ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan alam dan kesejukan udara sambil melihat suasana Kota Bandung dari ketinggian.

Berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, wisatawan juga dapat melihat keindahan sepuluh kawah yang letaknya berdekatan, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Domas, Kawah Jarian, dan Pangguyangan Badak. Kawah-kawah itu mengeluarkan asap belerang yang menguap keluar dari sela-sela bebatuan yang berada di bagian bawah kawah itu.

Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas, merupakan tiga kawah Gunung Tangkuban Perahu yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Kawah Ratu bentuknya seperti mangkuk raksasa yang besar dan dalam. Jika cuaca cerah di kawah ini pengunjung dapat melihat dinding dan dasar cekungan kawah dengan jelas. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar di gunung ini yang letaknya bersebelahan dengan Kawah Upas, kurang lebih berjarak sekitar 1.500 meter.

(dikutip dari : http://wisatamelayu.com/id/object/759/gunung-tangkuban-perahu/?nav=cat)
=======================================================

Perjalanan Kami

15-April-2006, pagi itu aku dan rekan-rekan kantor (kami berdelapan) berangkat menuju obyek Wisata Gunung Tangkuban Parahu. Aku sendiri belum pernah datang ke sana, jadi ini merupakan perjalanan pertama.

Berangkat jam 07.00 pagi dari kantor. Kami melalui tol cikampek kemudian ke luar di Sadang. Kemudian kami melalui jalanan di kota Purwakarta, melewati Wanayasa dan Subang. Hari itu udara cukup cerah. Sepanjang perjalanan di daerah Wanayasa hingga Subang, kami buka kaca mobil untuk menikmati segarnya udara di antara kebun-kebun teh yang hijau.

Begitu memasuki jalan Subang, jalan utama menuju obyek wisata tersebut, kami melihat banyak warung-warung atau lapak yang menjual buah-buahan terutama nanas. Kami sempatkan mampir untuk membeli nanas untuk oleh-oleh. Sekalian juga kami istirahat.

Lima belas kemudian kami meneruskan perjalanan. Hari itu jalanan lancar meskipun ramai. Sepanjang perjalanan kami disajikan panorama kebun teh yang hijau dan udara yang segar. Di sepanjang jalan tersebut terdapat juga obyek wisata air panas Ciater. Tapi kami tidak singgah, karena tujuan utama kami adalah obyek Wisata Gunung Tangkuban Parahu.

Jam 11 kurang seperempat sampailah kami di lokasi. Untuk masuk per orang harus membayar tiket sebesar Rp. 8.000. Kami kemudian menyusuri jalan menuju puncak gunung/kawah. Jalan tersebut lumayan jauh dan mendaki. Bau belerang sudah kami rasakan semenjak mulai naik dari bawah tadi. Dan semakin ke atas semakin terasa.

Selain menggunakan mobil pribadi, kami menemui juga banyak pengunjung yang menggunakan sepeda motor dan angkuta umum.

Sesampai di lokasi atas, kami mendapati begitu padatnya pengunjung hari itu. Bus-bus besar wisata dari luar kota berjejer serta ratusan mobil yang parkir.

Setelah kami memarkir kendaraan, kami pun langsung bergabung dengan pengunjung lainnya menikmati keindahan obyek wisata tersebut.

Seperti wisatawan lainnya, kamipun melihat-lihat panorama kawah, sambil perphoto-photo. Kawah tersebut di kelilingi dengan pagar kayu.

Kemudian kami jalan menyusuri jalanan yang di kiri kanannya dipenuhi dengan pedagang. Banyak penjual souvenir dan makanan di sana. Kami terus berjalan sambil menawar beberapa souvenir yang sepertinya bagus untuk oleh-oleh.

Puas jalan-jalan, kami balik menuju bangunan yang menjadi pusat informasi. Di sana terdapat peta dan sejarah obyek wisata ini.

Kami kemudian naik ke atas bangunan ini, di sana banyak juga wisatawan yang menikmati panorama alam
sekitar dari tempat tersebut.

Waktu dzuhurpun tiba, kami kemudian beranjak menuju mushola yang lokasinya tepat di belakang bangunan gedung informasi ini. Meski siang airnya terasa dingin. Tapi dengan berwudlu menggunakan air dingin itu alhamdulillah jadi fresh lagi.

Selepas sholat dzuhur kami sempatkan menikmati makanan yang dijajakan para penjual di sekitar bangunan tersebut. Bakso panas plus bajigur benar-benar mantap. Apalagi diiringi suasana yang gerimis.

Gerimis mulai berubah menjadi hujan dan pada saat yang sama kabut pun mulai turun. Suasana siang itu menjadi mendung dan lumayan gelap.

Dengan menggunakan toa, para petugas penjaga obyek wisata, berkeliling dan menyerukan kepada
para pengunjung untuk tetap berhati-hati.

Siang itu sepertinya hujan akan lama, kami putuskan untuk kembali ke mobil dan melanjutkan perjalanan ke Bandung. Kami dengan berbasah-basahan sampai juga di mobil. Kemudian kami segera turun dari obyek wisata tersebut untuk menuju lokasi berikutnya yaitu Bandung.

Pengalaman pertama berkunjung di Wisata Gunung Tangkuban Parahu bagi diriku. Cukup berkesan meski sedikit kehujanan. Semoga jika ada rezeki, suatu hari bisa main ke sana lagi.