Posted by: deddyek | May 9, 2008

Umrah 2008 : (4) Jeddah – Jakarta

Kami semua rombongan jamaah umrah telah meninggalkan Makkah menuju Jeddah. Satu atau dua jam perjalanan yang akan ditempuh. Kami akan bermalam di Jeddah untuk besuk siangnya kembali ke Jakarta.

Selama perjalanan kami menikmati suasana kota jalanan yang menghubungkan doa kota itu.

Sore itu kami semua menikmati panorama laut Merah setelah menunaikan sholat ashar. Adalah yang menjadi tujuan utama selama di Jeddah, yaitu singgah di Masjid Ar Rahmah atau yang lebih dikenal dengan Masjid Terapung.

Sekitar satu jam lebih kami di sana hingga puas menikmati suasananya dan photo-photo.

Kami selanjutnya menuju hotel Al Azhar tempat kami akan menginap. Setelah sholat maghrib, sholat isya dan makan malam, seperti halnya jamaah haji dan umrah umumnya, jalan-jalan ke balad adalah menjadi pilihan utama malam itu. Toko Ali Murah menjadi tujuan utama. Dan benar saja, area balad tersebut seakan-akan seperti Tanah Abang. Banyak jamaah umrah dari Indonesia yang menghabiskan realnya di sini.. :)

Waktu mendekati jam 12 malam. Tapi suasana balad masih saja ramai. Secara berangsur kami semua akhirnya kembali ke hotel untuk beristirahat.

Esok harinya, jam 10:00, kami meninggalkan hotel untuk menuju bandara internasional King Abdul Aziz Jeddah. Siang itu, kami semua kembali ke Jakarta. Esok harinya pukul 07:00 sampailah kami di Jakarta dengan selamat. Alhamdulillah…

Sungguh perjalanan yang mengesankan bagiku. Berbagai pengalaman, kesan dan cerita mengisi sepanjang perjalanan dan ibadah umrah. Semuanya sangat berarti.

Madinah dan Makkah, suatu kota yang tidak akan membuat para peziarahnya menyesal mendatanginya bahkan mereka akan selalu merindukannya.

Suasana berbeda menghampiriku. Berbeda dari yang seminggu lebih aku rasakannya di Haramain. Suasana yang sama saat sebelum berangkat dulu.

Seiring kendaraan yang menjemput kami melaju kencang di jalanan tol ibukota, bayangan-bayangan kenangan di Haramain masih menghiasi. Dalam hatiku, terbersit suatu tekad… ya Alloh, mulai hari ini aku akan bekerja lebih keras, mengumpulkan rizqi karunia-Mu untuk aku dapat kembali ke tanah suci-Mu untuk menunaikan ibadah haji suatu hari nanti…amin…

Terimakasih banyak untuk Pak Iwan/Bu Dinar (my directors) atas kesempatan umrah ini, pak Rusdy / pak Syam / pak Azhari atas bimbingannya dan dorongan penyemangat selama di Haramain, dan semua teman-teman jamaah umrah atas kebersamaan dan kenangannya…

(selesai)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: