Posted by: deddyek | August 13, 2008

Wisata Pemandian Air Panas Sari Ater di Ciater

Ciater merupakan suatu daerah di Kabupaten Subang yang terkenal dengan air panas alami. Air panas yang dihasilkan berasal dari kawah aktif Tangkuban Perahu. Daerah wisata yang terletak tidak jauh dari wana wisata Tangkuban Perahu ini menyajikan panorama alam yang menakjubkan, air panas alami, udara yang sejuk dan hamparan permadani kebun teh nan hijau yang juga menambah keindahan alamnya. Dengan lingkungan yang disajikan, dapat menjadi suatu tempat yang sangat tepat untuk refreshing dan melepas penat dari segala kesibukan sehari-hari.
(http://www.javatoursandtravel.co.id/index.php?option=com_c
ontent&view=article&id=93&Itemid=79&limitstart=15)

=======================================================

Selepas meninggalkan Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Parahu, tujuan kami selanjutnya adalah Pemandian Air Panas Sari Ater di Ciater.

Jarak lokasi ini dengan Tangkuban Parahu tidaklah jauh, sehingga dengan kurang lebih 45 menit sampailah kami di lokasi. Sesampai di sana kami langsung menuju tempat Parkir. Lokasi parkirnya lumayan luas. Tidak jauh dari area parkir terdapat semacam terminal angkutan umum. Di sekitar parkir tersebut banyak dijual aneka oleh-oleh khas setempat.

Kami langsung antri menuju lokasi pembelian tiket. Tiket masuk per orang ke lokasi wisata tersebut adalah Rp. 15.000.

Selanjutnya untuk menuju lokasi kami melalui jalan yang telah disediakan. Jalan tersebut cukup bersih, rapi dan banyak tanaman di kiri-kanannya.

Di lokasi tersebut juga disediakan sarana untuk berkemah dengan tentunya membayar biaya sewa yang telah ditetapkan.

Selain itu juga terdapat wahana air untuk anak-anak dan juga flying fox.

Kami terus menyusuri jalan tersebut. Di sebelah kiri terdapat kolam renang air hangat dan di sebelah kanan terdapat tempat-tempat penginapan. Kedua fasilitas tersebut tentunya tidak gratis, kita harus membayar sesuai harga yang ditetapkan.

Kami putuskan untuk jalan dulu melihat-lihat lokasi. Di lokasi wisata tersebut banyak terdapat sungai-sungai kecil yang mengalirkan air panas. Kami sempat menikmati hangatnya air tersebut dengan merendamkan kaki kami ke dalamnya. Begitu juga para pengunjung lainnya, mereka bersenda gurau bersama keluarganya menikmati air hangat yang mengalir tersebut.

Di sana kami temui begitu banyak tikar yang tergelar di tepi-tepi sungai aliran air panas. Tikar-tikar tersebut disewakan kepada para pengunjung yang ingin lesehan di dekat sungai-sungai kecil tersebut.

Selanjutnya kami menyaksikan begitu banyak orang antri untuk mandi di pancuran yang berjumlah tujuh. Mungkin itu salah satu tempat favorit juga untuk yang ingin menikmati air panas secara free of charge. Terbukti begitu banyak orang antri untuk menikmatinya hari itu. Termasuk kami tentunya.

Setelah puas mengelilingi lokasi wisata tersebut, beberapa dari kami menuju ke area Mayang Sari. Di area tersebut terdapat kolam renang air panas dan juga private bath room. Kami berempat memesan masing-masing satu private bath room. Harga per orang adalah Rp. 30.000 termasuk mendapatkan softdrink.

Setelah membayar dan mendapatkan tiket kami menuju ke lokasi. Kami melewati sisi kolam renang air panas yang pagi itu banyak sekali wisatawan asing yang sedang berenang. Sesampai di counter pelayanan, kami dipersilahkan duduk sejenak diberikan semacam briefing tentang prosedur penggunaan kamar mandi air panas tersebut. Kami juga ditanya apakah ada memiliki penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dll. Hal itu untuk menghindari supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya kami diantar ke area private bath room. Oh..ya, masing-masing dari kami juga dibagikan handuk. Kami langsung masuk ke bath room masing-masing. Ruangan tersebut cukup luas. Di dinding tertempel peraturan keselamatan. Telepon darurat juga ada di sana. Bak tempat berendamnya terbuat dari batu alam.

Air yang mengalir dari kran cukup deras dan panas. Perlahan-lahan aku masukkan kaki ke dalamnya. Kemudian membasuh-basuhkan air tersebut ke badan. Begitulah prosedur yang ada, yang pastinya aku ikuti. Setelah badan bisa beradaptasi, akhirnya berendamlah diriku menikmati panasnya air beraroma belerang tersebut. Sesuai aturan, setiap 10 menit sekali aku keluar dari bak mandi tersebut. Kemudian berendam lagi. Maksimal total waktu berendam +/- 30 menit. Karena dikhawatirkan asap belerang yang berasal dari air tersebut, bisa membahayakan.

Setengah jam kami semua keluar dari kamar mandi masing-masing. Meskipun siang-siang mandi air panas, rasa fresh dan segar kami rasakan. Sambil mendinginkan diri, kami duduk-duduk di gasebo yang berada di luar blok kamar mandi. Angin yang semilir menambah suasana menjadi semakin fresh.

Sekitar 10 menit kemudian kami kembali ke counter pelayanan untuk menyerahkan kunci. Di sana kami mendapatkan soft drink. Lumayanlah, bisa membasahi kerongkongan, karena memang dari tadi haus. Kemudian kami keluar dari area tersebut dan mencari rekan-rekan kami yang lain. Kami masih sempat muter-muter ke area lokasi tersebut. Di sana ternyata ada para pemain Tawa Sutera ANTV lagi jalan-jalan bareng. Kayaknya pada mau shooting di sana.

Setelah puas jalan-jalan, kami putuskan untuk mengakhiri wisata hari itu. Kami menuju pintu keluar untuk selanjutnya ke tempat parkir. Sebelum pulang kami sempatkan untuk jalan ke terminal angkutan untuk membeli oleh-oleh seperti dodol, peuyeum, nanas, dll.

Kami selanjutnya meninggalkan lokasi wisata tersebut menuju ke Wanayasa. Kami singgah di rumah rekan kami di sana untuk istirahat dan sholat ashar. Selepas ashar kamipun cabut untuk menuju Jakarta.

Nice trip that day. Cukup berkesan. Kayaknya suatu hari jika ada waktu ingin mengulangi berwisata ke tempat ini.

=======================================================
photo by : deddy
=======================================================

About these ads

Responses

  1. mas tolong info hrg tiket masuk per orang dan bus ke kawasan ciater.
    atau no tlp marketing ciater. thx
    info ke no tlp 08999922269

    • maaf mas atas reply yang terlambat.

      Pengelola :
      PT. Sari Ater
      Jln. Raya Ciater – Subang
      Telepon :
      0260-471700/471800/471900
      Fax :
      0260-470890/ 471666
      Website :
      http://www.sariater-hotel.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: