Posted by: deddyek | October 23, 2009

Wisata Curug Cilember, di Cisarua, Bogor

Wisata Curug Cilember adalah wisata alam yang berada di Jogjogan, Cisarua, Bogor. Obyek wisata yang ditawarkan adalah berupa tujuh buah curug. Namun yang bisa dikunjungi adalah curug no. 7 dan 5 sedangkan curug yang lain harus mendapatkan izin dari pengelola dikarenakan beratnya medan menuju ke sana. Selain itu terdapat pusat penangkaran kupu-kupu.

My Trip

Akhir minggu lalu (18/10) bersama rekan-rekan kantor (6 orang) sepakat untuk jalan ke suatu tempat yang alami di Bogor. Tepatnya di Wisata Curug Cijalu. Menurut informasi yang didapat sebelumnya, lokasi wisata ini berada di daerah Cisarua lalu belok kanan di km.77 dan naik ke atas melewati rumah-rumah penduduk.

Perjalanan pun dilakukan. Dari based point (kantor), kami berangkat jam 9.00 pagi. Perjalanan dilakukan dengan menyusuri tol Jagorawi, dan pagi itu cukup lancar hingga sampai di pertigaan Gadok di mana jalan agak merayap karena banyaknya angkot yang ngetem. Setelah lepas Gadok dan menyusuri jalan raya Puncak,
awalnya cukup lancar tapi kurang lebih 3km sebelum lokasi belok (sebelum Taman Matahari) kemacetan sudah terjadi sehingga kendaraan jalannya hanya merayap perlahan-lahan.

Dengan meminta info dari warga yang ada di jalanan Puncak, akhirnya ketemu juga belokan menuju lokasi. Ternyata di sana terdapat rambu penunjuk arah menuju ke Wisata Curug Cilember.Kemudian kami belok melewati sesuai petunjuk rambu. Dan benar saja, jalanan itu hanya cukup untuk satu setengah mobil. Kalau ada mobil yang berpapasan, ya harus hati-hati dan bersabar menunggu pengaturannya.

Perjalanan menuju ke tempat Wisata ini memang harus melalui jalan kecil yang berkelok dan naik turun. Meski begitu, sepanjang perjalanan pemandangannya cukup bagus. Di sana ada terlihat sawah-sawah, vila-vila yang rapi, sungai yang airnya mengalir dan yang jelas suasana dan udara yang masih fresh.

Kurang lebih 3-km yang harus ditempuh menuju lokasi. Pukul 11.20, sampailah kami di lokasi. Hari itu ternyata banyak pengunjung. Sebagian pengunjung berasal dari wilayah Bogor dan tidak sedikit yang dari Jakarta. Sebagian besar mereka mengendarai motor.

Setelah istirahat sejenak di warung-warung di sekitar lokasi parkir, sambil menikmati segelas kopi susu dan gorengan, akhirnya kami masuk ke lokasi wisata. Cukup dengan membayar Rp. 10,000 per orang, kita bisa menikmati tempat wisata itu.

Kemudian kami menyusuri jalan-jalan setapak yang rimbun dan telah ditata sedemikian rupa sehingga membuat suasana alaminya begitu terasa.

Di lokasi wisata ini tidaklah usah takut tersesat, karena informasi petunjuk arah ada di mana-mana, sehingga memudahkan para pengujungannya untuk menuju lokasi yang diinginkan.

Penangkaran Kupu-kupu

Tujuan pertama adalah untuk melihat pusat penangkaran kupu-kupu. Untuk ke sana jalannya cukup bagus, bahkan di sebelah kiri kami bisa menyaksikan berderetan pepohonan yang rindang, melewati jembatan kecil yang terbuat dari bambu dan melalui warung-warung makan dan tempat jualan souvenir.

Tapi sayang, sesampai di tujuan, pusat penangkaran kupu-kupu tersebut sedang di renovasi sehingga kami tidak bisa melihat aneka macam kupu-kupu. Kupu-kupunya sepertinya telah dipindahkan ke suatu tempat.

Curug Cilember No. 7

Curug yang ada di wilayah Cilember ini ada tujuh buah. Yang paling deket dan paling mudah dijangkau adalah Curug No. 7. Untuk menuju tempat tersebut, kami menyusuri jalanan yang tersusun dari bebatuan yang telah ditata dengan baik dan berundak-undak seperti tangga. Di kiri kanan jalan tersebut, terhampar pepohonan yang rindang.

Di sana terdapat juga tempat perkemahan, guest-house dan kami bisa melihat begitu banyak tenda-tenda yang dibangun untuk disewakan kepada para pengunjung.

Ketika kami menuju Curug ke ternyata di sana terdapat dua orang yang sedang photo pre-wedding. Nampaknya tempat tersebut juga menjadi lokasi favorit untuk photo pre-wedding. Akhirnya sampailah kami, ke Curug no. 7. Kami tidak melakukan banyak aktifitas, hanya sekedar photo-photo pemandangan dari jauh.

Curug Cilember No. 5

Kami selanjutnya naik untuk menuju Curug No. 5. Untuk ke sana kami harus melalui yang jalannya menanjak dan agak berat. Tidak seperti jalan yang sebelumnya, jalan untuk menuju ke Curug no. 5 masih berupa tanah dan menanjak dari 20 deraja sampai 45 derajat. Tapi hal itu tidak menyurutkan para pengunjung, terutama
yang masih muda-muda untuk menuju ke Curug no. 5.

Setengah jam kemudian sampailah di Curug ke 5. Ternyata di sana air terjunnya gak begitu besar dan tinggi. Namun karena mungkin tidak sebanyak pengujung di Curug no. 7 sehingga untuk sekedar narsis, nampang dan photo-photo di area ini tidak begitu terganggu. Di area ini juga dilengkapi dengan warung-warung makan
dan toilet. So, gak usah khawatir jika pengin ke toilet atau laper/haus. Kami cukup lama di sini untuk sekedar menikmati gemericik dan dinginnya air terjun sambil jeprat-jepret.

Curug Cilember No. 7 lagi

Kurang lebih 45 menit di atas kami memutuskan untuk kembali lagi ke bawah. Untuk turunnya tidaklah seberat waktu naiknya. Jadi cepat aja sampai ke bawah. Sesampai di bawah kami langsung menuju mushola untuk menjalankan sholat dzuhur. Di sana terdapat mushola kecil meski begitu cukup bersih.

Setelah sholat dan beristirahat sejenak, kami menuju ke Curug No. 7 untuk melihat dari dekat dan jeprat-jepret. Curug ini sebenarnya juga gak tinggi banget, hanya saja di area sekitar curug dibuat seperti kolam, sehingga pengunjung yang ingin berenang dapat melakukannya dengan aman.

Pulang

Setengah jam jeprat jepret akhirnya kami memutuskan untuk pulang. Sebelum pulang mampir dulu di warung-warung dekat taman kupu-kupu untuk sekedar minum teh atau kopi plus gorengan.

Setelah itu kembali menyusuri jalan menuju pintu keluar dan menuju parkiran untuk pulang.

Sebelum pulang kami menyempatkan diri mencari makan siang di rumah makan sekitar jalan Puncak, sambil menunggu dibukanya jalan untuk turun ke Jakarta. Kami mencari masakan gurame. Dan akhirnya kami dapati di sebuah rumah makan. Dengan tambahan nasi, sayur dan beberapa asesoris makanan lainnya, kamipun
menikmati makan siang yang “sudah agak sore” di rumah makan tersebut.

Dan alhamdulillah, di rumah makan tersebut terdapat mushola. Sehingga kami bisa sholat ashar di sana.

Waktu menunjukkan jam setengah lima, dan kami memutuskan meneruskan perjalanan pulang. Dan benar saja, arus dari puncak menuju Jakarta sudah lancar, karena jalur yang dari Jakarta ke Puncak sudah ditutup. Perjalanan kami cukup lancar menuju Jakarta. Kami kembali melalui tol jagorawi. Dan setelah beristirahat sejenak di rest area untuk sholat maghrib, perjalanan kami lanjutkan menuju kantor. Pukul 20.00 kami dengan selamat sampai di kantor. Dan pasukan pun bubar jalan ke rumah masing-masing. Alhamdulillah, akhirnya jalan-jalan hari itu cukup membuat kami fresh.
Summary :
- Wahana : curug dan penangkaran kupu-kupu
- Ticket Masuk : Rp. 10,000/orang
- Transportasi ke lokasi : sepeda motor/mobil
- Parkir : cukup
- Kebersihan : cukup
- Mushola : ada
- Penginapan : ada (guesthouse/kemah)
- Toilet : ada
- Warung makan : ada
- Warung souvenir : ada
- Wahana lainnya : flying fox

About these ads

Responses

1. Asyik bener….rekreasi ke Air terjun ini.
    Sangat dahsyat….

• Iya. meski jalan ke sana agak jauh, tapi gak rugi. selain air terjunnya, lingkungan sekitar obyek wisata tersebut juga cukup asri & alami …

2. keren… pengen banget kesana, terima kasih infonya… lengkap dan bisa jadi panduan…

• sama-sama mbak.. selamat menikmati wisata di sana‚Ķ

3. sama-sama mbak.. selamat menikmati wisata di sana…

4. bisa minta contact person nya gak mo nanya harga villa nya berapa net per night nya

5. Right now it appears like Expression Engine is the top
    blogging platform available right now. (from what I’ve read)
    Is that what you’re using on your blog?

6. klo masuk pake bus besar bisa gx ya gan..