Posted by: deddyek | February 25, 2013

Lesehan Ikan Bakar Klotok – Padangan

Kali ini kami berencana icip-icip menu ikan bakar di salah satu rumah makan lesehan yang cukup terkenal bagi warga Cepu apalagi Padangan, Bojonegoro. Sekitar 15 s/d 20 menit untuk mencapai lokasi tersebut dari kota Cepu.

Entah berapa kali kami berdua dahulu mendatangi spot kuliner tersebut. Namun untuk kali ini kami hendak berbagi informasi tentang salah satu spot kuliner yang menjadi favorit warga dari dua wilayah di atas.

Rumah Makan tersebut adalah Lesehan Ikan Bakar Klotok. Dinamai seperti itu karena secara umum konsep rumah makan tersebut berbentuk lesehan. Sementara Ikan Bakar merupakan menu andalan yang disajikannya. Dan Klotok adalah nama desa tempat di mana spot kuliner tersebut berada.

Lesehan Ikan Bakar Klotok berlokasi di Jl. Cepu – Surabaya, Desa Klotok, Kec. Padangan, Kab. Bojonegoro. Tidak jauh dari SPBU desa Klotok, petunjuk arah menuju spot kuliner ada di sana.

Oh ya .. spot kuliner ini bisa dikunjungi setiap hari kecuali hari Jumat, dari jam 09.00 s/d 19.00. Saking terkenalnya spot makan ini, tak heran jika setiap jam makan siang atau setiap liburan, pengunjungnya membludak hingga tak ada tempat atau balai yang tersisa. Kamipun pernah mengalaminya .. :)

Untuk memberikan pelayanan yang baik, pengelola rumah makan ini menyediakan area parkir yang cukup luas. Puluhan mobil dan sepeda motor dapat tertampung di dalamnya.

Menurut informasi, rumah makan ini merupakan pioner di daerah Bojonegoro yang menggabungkan konsep lesehan dengan pemancingan. Melihat kesuksesan dari rumah makan ini, maka menjamurlah di daerah Bojonegoro beragam rumah makan yang sejenis.

Untuk menikmati makanan yang dipesan, pengunjung dapat memilih balai-balai lesehan yang ada di sana. Balai-balai tersebut ditempatkan mengelilingi kolam pemancingan. Jadi selama menikmati ikan yang sudah dibakar, pengunjung akan ditemani oleh ikan-ikan yang tengah berenang di kolam tersebut .. :).

Namun jika balai-balai lesehan telah penuh atau pengunjung ingin makan di meja kursi, pengelola telah menyediakan rumah kayu yang nyaman untuk bersantap. Di sana pengunjung dapat makan seperti biasanya sambil duduk di kursi makan.

Namun untuk yang mau bersantai, menikmati ikan bakar sambil lesehan di balai-balai sepertinya menjadi pilihan yang pas dan dapat menambahkan keakraban keluarga.

Namanya rumah makan ikan bakar, maka menu ikan bakar pastilah menjadi menu utamanya. Ada beberapa menu olahan gurame yang disajikan. Selain itu terdapat pula beberapa menu olahan ayam kampung. Semua itu dapat dikombinasikan dengan cah kangkung dan lauk pendamping.

Untuk minumannya, pengunjung bisa memilih beberapa jenis minuman yang ada seperti es teh, es jeruk, softdrink, dan lain-lain.

Detil menu dan harganya bisa dilihat di bawah ini.

Nah di siang itu, kami memesan ikan gurame asam manis yang satu porsinya cukup untuk berdua. Sebagai pelengkapnya kami memesan cah kangkung serta tempe goreng.

Karena hampir setiap saat pengunjungnya banyak, jadi mesti sabar untuk menunggu pesanan datang. Lima belas menit paling cepat, menu yang dipesan hadir di meja.

Begitupun kami hari itu. Sudah tak sabar rasanya untuk segera mencicip menu makan siang kami tersebut.

Singkat cerita, sekitar 15 menitan kemudian datanglah menu pesanan kami. Wow … ikan gurame bakar asam manis yang masih fresh dan hangat. Begitu juga tempe dan sayur cah kangsung yang masih panas. Tentu saja ditemani dengan sebakul kecil nasi putih nan pulen.

Alhamdulillah, siang itu kami bener-bener menikmati makan siang yang begitu nikmat dan berselera. Tak ada yang tersisa di piring kami, kecuali ikan yang tinggal tulangnya saja. :).

Tidak enak dengan para pengunjung yang lain, yang masih berkeliling mencari-cari tempat, tak lama setelah itu kami langsung beranjak menuju kasir yang terletak di bagian depan.

Untuk pengunjung yang hendak menunaikan sholat, di samping bangunan kasir tersebut terdapat sebuah bangunan mushola yang cukup baik.

Setelah menyelesaikan pembayaran, kami langsung meninggalkan tempat tersebut untuk kembali ke Cepu. Hmmm … Lesehan Ikan Bakar Klotok ini bisa jadi merupakan spot kuliner ikan bakar favorit kami, yang kami akan kunjungi kembali bersama keluarga di saat mudik nanti. Insya Alloh.

=======================================================
photo : by deddy
=======================================================

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: