Posted by: deddyek | January 20, 2008

3 Days Trip : Malang

Jumat 04 Jan 2008, aku dan rekanku berdua berangkat ke Malang dari Stasiun Gambir. Seorang rekan kantor akan mengadakan walimah pada 06 Jan 2008 di Malang. Sehingga kami memenuhi kewajiban kami untuk hadir di acara tersebut.

Kami berangkat dengan kereta Gajayana. Selepas maghrib kereta berangkat menuju Malang. Suatu perjalanan yang lumayan panjang dari Jakarta ke Malang. Sepanjang perjalanan kami habiskan untuk ngobrol, makan,
minum dan tidur.

Hari Pertama

Pukul 09.00 siang kereta sampai di stasiun Malang. Kami istirahat sejenak di stasiun tersebut sambil cari informasi untuk menuju hotel Pelangi yang telah kami pesan sebelumnya.

Keluar di stasiun, kami kemudian mencari angkot yang menuju alun-alun kota. Ternyata banyak sekali angkot menuju alun-alun kota sehingga kami mudah mendapatkannya. Sekitar 15 menit dari stasion sampailah kami di alun-alun kota.

Siang itu cukup ramai tempat tersebut karena mungkin pusat kota. Di sana terlihat kantor pemerintahan, mall, masjid agung dan beberapa gedung perusahaan.

Kami menyusuri jalanan di tepi alun-alun hingga sampailah kami di hotel Pelangi. Kami langsung check-in dan kemudian segera diantar ke kamar. Bagi kami hotel ini cukup strategis karena dekat dengan alun-alun kota dan harganya cukup murah Rp. 300.000/malam.

Setelah mandi dan istirahat sejenak, kami kemudian keluar untuk mencari makan siang. Menu hari itu adalah sayur asem dan ayam goreng.

Selepas makan kami kemudian jalan-jalan sebentar di sekitar alun-alun tersebut. Siang itu kami sempatkan untuk sholat dzuhur di masjid agung Malang.

Selanjutnya kami kembali hotel untuk istirahat.

Malam harinya kami keluar untuk menikmati suasana malam hari di kota Malang. Kami masuki dari mall ke mall untuk sekedar melihat-lihat dan membeli softdrink dan snack. Setelah puas jalan-jalan, kami kembali ke hotel untuk istirahat.

Hari Kedua

Minggu pagi kami sudah terbangun sekitar jam 5.00 untuk sholat subuh dan mandi pagi. Hari itu kami akan pergi ke tempat resepsi walimah rekan kami. Sekitar jam 6.30 kami turun untuk sarapan pagi di hotel, kemudian kami lanjutkan keluar sebentar untuk jalan-jalan di taman alun-alun.

Minggu pagi itu, alun-alun kota Malang ramai sekali warga Malang dengan berbagai aktifitas dari olahraga,
jalan-jalan, sarapan dan yang sekedar nongkrong-nongkrong.

Kami berjalan menyusuri seluruh area alun-alun tersebut hingga keringat kamipun keluar. Segar sekali rasanya hari itu. Alun-alun kota itu begitu luas. Di sana banyak pohon dan bunga-bunga yang ditata dengan baik. Di tengahnya terdapat kolam air. Untuk bersantai di sana juga terdapat bangku-bangku yang telah terpasang di bawah pohon-pohon rindang. Sekitar dua jam kami menikmati suasana alun-alun tersebut.

Kemudian kami kembali hotel untuk bersiap-siap menghadiri resepsi walimah. Walimah dilangsungkan jam 11.30. Dengan menggunakan angkot plus jalan kami, kamipun sampai di lokasi. Seperti biasanya acaranya memberikan ucapan selamat lalu menikmati hidangan dan pulang.

Di sana kami bertemu manajer dari kantor gresik dan istrinya. Karena kami baru pertama kali ke Malang kemudian beliau mengajak kami jalan-jalan keliling kota Malang dan Batu.

Dalam perjalanan menuju Batu, kami menyempatkan diri untuk singgah di Masjid AR Fachruddin di Kampus UMM untuk menunaikan sholat dzuhur.

Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Batu. Di sana kami membeli oleh-oleh khas Batu yaitu Apel Malang.

Sore hari kami diantar kembali ke Hotel. Malam hari itu kami kembali keluar untuk membeli oleh-oleh khas Malang yaitu berupa aneka macam kripik buah dan sayur. Kami menemukan toko yang memang khusus penjual oleh-oleh tersebut. Setelah keliling-keliling sebentar dan makan malam kamipun kembali ke hotel untuk istirahat.

Hari Ketiga

Hari ketiga di Malang, kami isi untuk jalan-jalan saja di alun-alun sambil membaca koran. Selepas dzuhur, kami
check-out dari hotel tersebut. Hari itu kami dijemput sang pengantin untuk diajak berkunjung ke rumahnya. Di sana kami mendapat suguhan spesial yaitu rawon. Meskipun diriku orang Jawa, tapi itulah pertama kali makan rawon.

Kereta Gajayana sore itu berangkat jam 16.30 sore. Dengan diantar rekan kami, sore itu jam 16.00 kami sampai di stasiun Malang. Tepat jam 16.30 kereta berangkat. Dan kamipun mengakhiri perjalan kami tiga hari di kota Malang.