Posted by: deddyek | March 30, 2008

Wisata Kawah Putih Ciwidey

Obyek Wisata Kawah Putih Ciwidey terletak di puncak Gunung Patuha. Luasnya sekitar 25 ha. Tempat ini terletak pada ketinggian 2434 m dpl, konfigurasi lapangan umumnya landai sampai berbukit. Suhu udara sekitar 8 – 22 0 C. sumber air yang ada tergantung musim hujan. Kelembaban 90%, sedangkan curah hujan tahunan tercatat antara 3743 – 4043 mm/tahun.

Kawah ini ditemukan oleh seorang Belanda peranakan Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809-1864) pada tahun 1837. Selanjutnya ia mulai mendirikan pabrik belerang di Kawah Putih ini.

Alam pemandangan di sekitar Kawah Putih cukup indah; dengan air danau berwarna putih kehijauan, sangat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau tersebut. Di sebelah utara danau berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya.
(dikutip dari : http://www.tourismwestjava.com/index.php/Bandung-Selatan/Kawah-Putih.html)

=======================================================

Hari itu 18 Agustus 2007, aku dan 7 orang rekan-rekan kantor bermaksud untuk berwisata ke wilayah Bandung. Kami ingin menuju Kawah Putih Ciwidey, Danau Patenang dan kota Bandung.

Jam 07.00 pagi kami berangkat dari kantor dengan mobil. Rute hari itu kami melalui tol cikampek, kemudian tol cipularang, kemudian keluar Kopo. Selanjutnya kami jalan ke arah Soreang untuk menuju ke Ciwidey.

Karena berangkat pagi, kami jadinya sarapan di dalam mobil sambil menikmati pemandangan di luar mobil. Perjalanan kami cukup lancar. Baik di Tol Cikampek maupun Cipularang, mobil kami dapat melaju dengan cepat tanpa ada kemacetan.

Sekitar dua jam kemudian kami sampai di pintu keluar Tol Kopo. Untuk menuju tujuan pertama kami, yaitu Danau Kawah Putih Ciwidey, kami melewati jalan raya Soreang.

Pemandangan menuju ke lokasi cukup indah. Di kiri kanan jalan terdapat sawah dan perkebunan sayuran serta strawberry.

Kami melewati Stadiun Jalak Harupat yang megah berdiri di Soreang. Kami putuskan istirahat sejenak di sana.

Lima belas menit istirahat kami melanjutkan perjalanan menuju Ciwidey. Setelah melewati jalanan yang lumayan jauh dengan pemandangan khas perkebunan teh, sampailah kami di lokasi.

Setelah membayar tiket masuk, kami langsung menuju kawah gunung tersebut. Untuk menuju ke sana kami harus melewati jalanan yang menanjak dan berkelok. Hari itu banyak pengunjung ke sana. Terbukti dengan banyaknya pengunjung dengan mobil ataupun sepeda motor yang merayap menuju ke lokasi.

Setengah jam lebih barulah kami sampai di lokasi. Kami langsung mencari tempat parkir. Lokasi parkir di sana cukup luas meski tanahnya berbatu. Di sekitar parkiran banyak terdapat warung-warung yang menjajakan aneka makanan dan oleh-oleh khas Ciwidey. Di sana juga terdapat lapangan yang cukup luas.

Selanjutnya kami menuju kawah dengan melewati rute yang telah disediakan. Di kanan kiri jalan tersebut banyak para penjual buah-buahan seperti strawberry dan terong belanda.

Akhirnya sampai juga kami di lokasi. Allahu Akbar. Sungguh karya cipta Alloh itu cukup indah dan mengesankan. Di suatu gunung yang tinggi, kawahnya menjadi suatu danau yang berwarna putih dan indah.

Angin yang bertiup sepoi-sepoi dan juga asap dari belerang yang terbang terkena angin, menjadikan suasana lokasi tersebut begitu eksotis. Tidak salah kiranya banyak calon pengantin yang melakukan photo pre-wedding di lokasi ini.

Kami berjalan-jalan ke sana kemari menikmati setiap jengkal lokasi tersebut. Kami harus hati-hati karena di sana terdapat tanda peringatan supaya menjaga jarak dari air kawah.

Semakin siang pengunjung yang mendatangi kawah tersebut semakin banyak. Kami sendiri masih betah di situ untuk sekedar photo-photo dan bersenda gurau.

Menjelang waktu dzuhur kami akhiri menikmati kawah tersebut dan kembali ke parkiran. Dalam perjalanan kami sempatkan untuk membeli oleh-oleh berupa buah strawberry dan juga terong belanda.

Di sana terdapat mushola yang cukup layak. Air wudlunya terasa dingin meski hari sudah siang. Setelah melaksanakan sholat dzuhur, kami meninggalkan lokasi tersebut untuk menuju lokasi wisata berikutnya yaitu Situ Patengan.

=======================================================
photo by : deddy

Responses

1. Very beautiful place

2. […] http://jelajahbandung.awardspace.com/destinations_selatan.html#kawahputih https://2dheart.wordpress.com/2008/03/30/wisata-kawah-putih-ciwidey/ http://www.faktailmiah.com/2010/08/06/fakta-ilmiah-kawah-putih-ciwidey.html […]

3. I simply needed to say thanks again. I do not know what I could possibly have sorted out without the actual concepts discussed by you regarding that topic. It was a very horrifying difficulty in my view, however , coming across a well-written style you managed the issue made me to cry over delight. Now i’m thankful for your support and believe you are aware of a powerful job that you’re providing instructing people through your webblog. I am sure you have never got to know any of us.