Posted by: deddyek | July 1, 2008

4 Days Trip : Papua Again

Awal Juni 2008, aku dan seorang rekan mendapat tugas untuk pergi ke Papua. Ini adalah yang ketiga bagiku. 10 Jun 2009, dini hari itu kami berangkat ke Bandara Sukarno Hatta. Kali ini kami kembali melewati Sorong, tapi tanpa harus melewati Manado. Jadi rute kamu dari Jakarta – Makasar – Sorong.

Perjalanan kami malam itu akan menggunakan Merpati Air. Udara dini hari Jakarta yang dingin dengan ditemani rintik-rintik hujan, menyertai perjalanan kami dari kantor ke Bandara. Rasa kantuk masih terasa di mata kami. Satu jam perjalanan menuju Bandara Sutta.

Jam 03.30 kami sudah harus check-in meski keberangkatan masih jam 05.00. Setelah check-in, kami segera menuju mushola sambil tiduran dan menunggu waktu sholat shubuh tiba. Setelah sholat subuh, kami bergegas langsung menuju ruang tunggu bandara untuk boarding. Tepat sesuai jadwal, pesawat take-off dan membawa kami terbang ke Makasar. Pagi itu udara cerah sekali.

Di dalam perjalanan kami isi waktu dengan membaca koran. Kami sempat menikmati sarapan pagi di pesawat dengan menu nasi goreng. Alhamdulillah, perut kami sudah terisi. Sekitar 2.5 jam kemudian sampailah kami di Makasar. Kami harus transit dan ganti pesawat untuk menuju Sorong.

Setengah jam kami transit di Bandara Hassanudin Makasar. Di bandara Makasar, kami bertemu dengan rekan kami lainnya yang baru saja cuti. Ia harus kembali ke proyek hari itu juga. Sehingga kami melanjutkan perjalanan ke Sorong bersamanya.

2.5 jam perjalanan dari Makasar ke Sorong. Pukul 13.00 siang waktu setempat kami mendarat di Bandara Sorong. Setelah mengambil bagasi kami segera menuju hotel Meridien yang terletak di depan Bandara Sorong tersebut. Kami harus bermalam di Sorong karena pesawat kami besuk pagi pukul 08.00.

Siang itu hujan deras sekali. Sehingga kami tidak bisa berjalan-jalan di kota ini. Jadi kami habiskan waktu siang itu untuk istirahat. Malam harinya baru kami keluar untuk makan malam. Kami naik angkot menuju warung-warung penjual sea-food yang berada di tepi pantai. Jauh-jauh ke Sorong, kami bertemunya dengan orang-orang dari Lamongan yang menjajakan sea-food tersebut. Akhirnya, kami makan di sana. Jika dibanding dengan harga makanan di Jakarta, harga makanan di Sorong lebih mahal.

Selanjutnya kami pergi ke toko swalayan yang ada di sana untuk membeli oleh-oleh bagi rekan-rekan kami di jobsite. Jam 21.00 malam, kami kembali hotel. Malam itu gerimis masih saja menghiasi kota Sorong.

Esok paginya kami bangun pagi-pagi. Setelah sholat subuh kami segera check-out dan menuju Bandara. Kami check-in pukul 06.00. Setelah melalui briefing keselamatan dan menunggu di ruang tunggu Bandara, pukul 08.00 pesawat kami sudah boarding. Hari itu kami kembali menaiki twin-outter milik Client.

Satu jam perjalanan dari Sorong ke Babo. Sesampai di sana kami segera menuju jetty untuk melanjutkan perjalanan menuju LNG Site. Satu jam setengah perjalanan ke LNG Site. Sesampai di sana, kami harus melewati pos pemeriksaan seperti biasanya. Kemudian bersama penjemput, kami menuju kantor. Siang itu sehabis makan kami segera melaksanakan tugas kami. Sore harinya kami sempatkan muter-muter di lapangan untuk melihat pekerjaan.

Esok harinya kami melanjutkan tugas kembali untuk internal audit mutu sampai malam dan closing meeting. Setelah makan malam dan ngobrol-ngobrol dengan personil proyek, kami segera menuju camp kami. Kami harus tidur cepat karena besok pagi jam 03.00 kami harus sudah bangun untuk pulang kembali ke Jakarta.

Jam 03.00 pagi kami sudah bangun dan mandi. Kemudian kami segera diantar menuju pos pemeriksaan untuk check-out. Pagi itu speedboat berangkat jam 05.00. Kami tidak sempat sholat di camp, jadi kamipun sholat subuh di speedboat. Pagi itu angin berhembus lumayan kencang. Udara dingin sekali. Dan itu masih kami rasakan hingga sampai kami di jetty Babo.

Panorama Babo pagi itu sangat indah. Teluk yang bersih dan alam yang masih asri membuat semuanya menjadi semakin indah. Kami mencoba mengabadikan semua itu di kamera kami.

Selanjutnya kami menuju Bandara Babo dengan mobil van. Sesampai di sana kami check-in lalu mengikuti briefing keselamatan dan tak lama kemudian pesawat boarding. Pagi itu kami terbang dari Babo menuju Biak.

Satu jam perjalanan dari Babo ke Biak. Pagi itu area bandara Frans Kasiepo di Biak hujan deras. Sehingga kami harus menggunakan payung untuk menuju Bandara. Setelah mengambil bagasi, kami segera check-in. Hari itu kami akan menggunakan Garuda Airlines.

Sebelum berangkat kami sudah rencanakan untuk tidak langsung pulang ke Jakarta melainkan singgah dulu dua hari di Makasar untuk jalan-jalan ke Pantai Losari.

Akhirnya jam 09.00 pagi kami terbang menuju Makasar.