Posted by: deddyek | July 1, 2009

4 Days Trip : Papua

Mungkin itu akan menjadi terakhir kali bagiku untuk site visit di proyek di Papua. Hal itu karena menjelang completion. Hari itu, 01 Jun 2009, aku sendirian mendapat tugas ke Papua selama tiga hari. Tidak seperti kunjungan-kunjungan sebelumnya, malam itu aku berangkat ke Papua lewat Biak bukan Sorong.

Pukul 09.15 pesawat Garuda membawa terbang menuju Makasar. Perjalanan selama kurang lebih 2.5 jam aku isi dengan istirahat yang cukup. Malam itu cuaca sepertinya baik terbukti hingga sampai di Makasar tidak ada semacam guncangan-guncangan yang berarti.

Dini hari sampailah aku di Makasar. Itu pertama kali aku menjajaki Bandara Hassanudin yang baru. Menurutku cukup berseni dan terkesan futuristik/modern.

Setengah jam aku di Bandara Hassanudin. Kucoba untuk rebah-rebahan sejenak di kursi. Selanjutnya panggilan untuk boarding membangunkanku dan segeralah aku bergegas menuju pesawat. Dini hari itu perjalanan akan dilanjutkan menuju Biak.

Pukul 05.00 sampailah di Biak. Setelah sholat subuh di mushola Bandara, aku langsung masuk ke ruang briefing untuk minum teh dan sarapan pagi. Pagi itu sepertinya pesawat yang menuju ke Babo akan penuh penumpang. Pagi itu hujan membasahi bandara Biak.

Pukul 07.30 briefing keselamatan di mulai dan selanjutnya check-in. Pukul 08.15 pesawat twin-outter terbang menuju Babo.

Seperti biasanya sesampai di Babo, bersama penumpang lainnya langsung menuju Jetty dengan mobil. Sesampai di sana aku dan yang lainnya menunggu hingga jam 11.00 untuk menaiki speedboat menuju LNG Site.

Setengah satu sampailah di LNG Site. Dan setelah clearance di Pos Pemeriksaan dan mengurus camp dan ID bagde visitor, bersama rekan yang menjemput aku langsung menuju kantor proyek. Setelah sholat dzuhur dan makan siang, langsung saja melaksanakan tugas untuk internal audit.

Esok haripun melakukan tugas yang sama hingga selesai sore harinya.

Hari ke-empat, jam 04.00 pagi aku sudah harus di Pos Pemeriksaan untuk check-out. Pagi itu aku harus kembali ke Jakarta. Dengan diantar rekan-rekan, pagi menjelang subuh itu aku menuju Pos Pemeriksaan. Udara pagi itu dingin sekali dan akupun sebenarnya masih mengantuk.

Setelah diabsen semua karyawan yang mau check-out, kami semua akhirnya menuju Jetty untuk menaiki speedboat menuju Babo.

Terpaksa, lagi-lagi sholat subuh dilakukan di dalam speedboat dengan duduk. Selama di speedboat aku kembali mencoba untuk tidur. Namun karena AC terlalu dingin, jadi gak ngantuk.

Sampai di Babo pukul 06.00 kurang lebih. Babo pagi itu cukup dingin dan masih gelap. Namun pemandangan alam sekitar dari Jetty tersebut masih terasa asri dan indah.

Dari Jetty perjalanan dilanjutkan menuju Bandara. Lalu dengan menggunakan twin-outter berangkatlah menuju Biak. Pukul 08.00 sampailah di Bandara Biak.

Aku segera check-in di counter Garuda untuk penerbangan menuju Jakarta. Setelah check-in aku langsung menuju ruang tunggu bandara. Di sana terdapat kantin kecil. Aku pun menuju kesana. Perut sudah mulai lapar, akupun langsung memesan mie rebus dan kopi susu. Nikmat sekali sarapan pagi itu. Hangat dan segar hingga bikin kondisi fresh kembali.

Pukul 09.30 para penumpang sudah dipanggil untuk boarding. Akupun segera menuju pintu boarding untuk selanjutnya jalan kaki menuju pesawat. Sekitar 15 menit kemudian pesawat berangkat menuju Makassar.

Makasar siang itu cukup cerah. Kesempatan ikut aku gunakan untuk jepret-jepret panorama di bawah dengan kameraku.

Sesampai Makasar penumpang harus turun semua. Aku gunakan kesempatan untuk mencari oleh-oleh di sana. Seperti biasa kacang disco dan marning menjadi oleh-oleh favorit.

Tidak sampai setengah jam, pesawat pun boarding. Dengan menenteng oleh-oleh yang sudah dipak, segera saja aku menuju pintu boarding untuk masuk pesawat. Perjalanan siang itu menuju Jakarta cukup lancar, udarapun cerah dan sampailah aku di Jakarta dengan selamat.