Posted by: deddyek | August 15, 2009

4 days Trip : Batam – Singapore (Day 2)

Selepas mandi pagi dan sholat shubuh, kami mempersiapkan diri untuk berangkat ke Singapura. Passport, KTP, NPWP, dokumen, dan perlengkapan lainnya kami pastikan sudah siap dan tidak ada yang ketinggalan. Jam 6 pagi kami turun untuk sarapan sambil menunggu pak Direktur Batam yang kebetulan akan bareng kami ke Batam meski dengan tujuan berbeda. Di hati kami bersyukur, wah lumayanlah ada yang jadi penunjuk arah.

Pukul 6.30 kami bertemu dengan beliau. Lalu segera berangkat menuju Ferry Terminal – Harbour Bay. Setelah sampai di terminal, kami langsung check-in. Setelah selesai berurusan dengan bagian custom/pajak, kami melalui bagian imigrasi untuk pengecekan dokumen perjalanan. Selanjutnya kami menunggu di ruang tunggu.

Setengah jam kemudian kami naik ke ferry. Lima belas menit kemudian ferry berangkat menuju Batam. Satu jam kemudian kami sampai ke Ferry Terminal – Singapore Harbour Front. Ternyata untuk melalui pemeriksaan imigrasi harus antri sedemikian lama. Hampir satu jam kami antri. Dalam antrian kami sempatkan menghubungi Client yang akan kami temui dengan lokasi kami berada, dan mohon maaf jikalau bakalan terlambat sampai ke sana.

Akhirnya sampai juga giliran kami untuk melalui bagian Imigrasi. Meski petugasnya kurang ramah, dengan mengajukan pertanyaan ini dan itu, akhirnya kami dapat melalui imigrasi. Fery terminal tersebut ternyata terhubung dengan pusat perbelanjaan dan juga MRT. Kami kemudian diarahkan dan diberi informasi oleh Pak Direktur Batam, cara-cara bagaimana nanti kami pulang ke Batam. Setelah kami clear, kami berpisah dengan beliau.

Selanjutnya kami menggunakan taksi menuju Jurong. Perjalanan kami melalui Singapora Highway yang cukup lebar dan lancar. Cukup dengan memberikan alamat detail dari Client yang kami tuju kepada, dalam satu jam kami sudah sampai di kantor Client kami tanpa tersesat.

Setelah selesai meeting dengan Client, kami memutuskan untuk ke Orchad. Karena hari itu hari Jum’at maka kami akan mencari masjid di sana. Dari Jurong kami naik taksi menuju Orchad. Tujuan pertama kami adalah sekitaran Tang Plaza. Setengah jam kemudian sampailah kami ke sana.

Lalu, kami memutuskan mencari masjid. Dan sesuai petunjuk arah, kami menyusuri jalan untuk mencapai masjid Al-Falah. Sesampai di masjid, kami istirahat sejenak karena baru jam 11.00 waktu Singapore. Selanjutnya kami mengikuti ibadah sholat jumat. Siang itu hujan turun selama aktifitas ibadah sholat Jumat. Karena takut susah untuk sholat ashar nanti, sholat asharpun kami jamak di waktu dzuhur. Selepas sholat jum’at hujan reda.

Karena kami lapar, maka kami keluar dari masjid tersebut dan mencari makan. Kami mencari makanan khas Indonesia di foodcourt yang berada di Takashimaya Mall.

Setelah muter-muter akhirnya kami menemukan masakan padang. Akhirnya kami makan masakan padang yang bukan rasa Padang. he..he..hee.

Selesai makan kami mencari oleh-oleh di bazar mainan di basemen Takashimaya. Setelah dapat, kami bermaksud melanjutkan tujuan kami untuk taman Merlion.

Kami putuskan untuk naik MRT. Kami hanya tahu kira-kira lokasi Merlion. Kami tidak tahu pastinya. Kemudian kami naik MRT menuju Marina Bay. Begitu sampai di sana dan keluar stasiun, kami malah menemukan area konstruksi. Kami coba tanya sana-sini, pada gak ngerti dimana Merlion itu. Kami bertemu dengan seorang bule dan sekeluarga India, dan ternyata sama-sama mau ke Merlion. Dan sama-sama tersesat meski sudah bawa peta.

Setelah jalan ke sana-sini, kami kembali lagi ke stasion dan tanya orang-orang di sana. Akhirnya dapat info juga, kalo mau Merlion harus naik MRT lagi turun di City Hall. Karena sudah niat mau ke sana, kamipun kembali naik MRT dan turun di City Hall.

Sesampai di City Hall, kami bingung harus ke mana. Kami keluar dan melewati taman-taman, sambil bertanya sana-sini. Bahkan, karena saking pusingnya, kami bertanya kepada dua orang yang lagi pacaran di taman. Dia juga gak tahu. Tapi kami tetep aja jalan menyusuri taman, hingga kami sampai ke Taman Rafles. Kami paksakan jalan meski kaki dah pegel. Setelah melewati taman-taman yang indah dan banyak orang menuju ke suatu tempat, kami agak yakin kalo kami menuju arah yang benar.

Di dekat jembatan, sambil beristirahat dan membeli minuman, kami tanyakan kepada bapak penjual minuman tentang lokasi Merlio. Dan ternyata ia lebih tahu dari orang-orang sebelumnya. Dia menunjukkan pada kami
arah yang lebih jelas.

Selesai minum dan kaki sudah gak begitu pegel, kami jalan lagi sesuai rute yang diarahkan bapak penjual minuman tadi. Setelah melewati jalanan di taman, menyeberangi jembatan dan jalan raya, sampailah kami di lokasi tersebut.

Begitu melihat patung Merlion, kami malah tertawa. Ukuran patung tersebut gak sebesar yang kami pikirkan. Bahkan gak ada apa-apannya di banding tingginya patung Selamat Datang, Pancoran ataupun Tugu Monas. Tapi ya sudahlah, inikan landmark-nya Singapore. Kami pun jeprat-jepret sana sini, sambil menikmati panorama gedung-gedung di sekitarnya serta pantai yang bersih.

Pukul 5 sore, kami kembali ke Harbour Front. Kami gak ingin ketinggalan Ferry, jadi kami lebih awal yang sampai ke sana. Dari Merlion Park kami naik taksi lagi menuju ke Harbour Front. Sesampai di sana, kami beli tiket dulu dan check-in. Kemudian kami muter-muter sebentar untuk cari oleh-oleh. Setengah jam kemudian kami menuju imigrasi. Dan alhamdulillah untuk balik ke Batam cukup lancar di imigrasi Singapore-nya. Tak lama kami duduk di ruang tunggu, kami pun segera naik ke ferry. Selanjutnya ferry berangkat ke Batam Harbour Bay.

Di dalam ferry kami sudah lelah. Kaki terasa pegel dan penginnya cepet-cepet sampai hotel untuk mandi dan istirahat. Pukul 8 malam kami sampai di Harbour Bay. Lalu kami cari makan malam. Dari terminal ke hotel kembali kami naik taksi. Sesampai di hotel lega rasanya. Meski capek, lelah, kaki pegel, jalan-jalan ke Singapore pertama kali kami itu cukup berkesan.

Setelah mandi air hangat, kami sholat maghrib dan isya di jama’. Lalu kami lelap di pembaringan. Besuk pagi masih ada tugas dan perjalanan yang harus dilanjutkan.