Posted by: deddyek | April 12, 2010

Masjid Raya Bogor

Mesjid Raya Bogor Mesjid Raya Bogor dibangun pada tahun 1970 selesai tahun 1979 dengan arsitek FX. Silaban dilengkapi dengan gedung Pusat pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor dilengkapi dengan sarana perpustakaan umum.

Masjid ini berlokasi di Jl. Raya Pajajaran. Untuk mencapainya cukup mudah yaitu dengan berjalan kaki atau menggunakan angkutan kota dari terminal Baranang Siang.

Masjid ini adalah masjid yang terbesar di kota Bogor. Saat ini pemkot kota Bogor sedang merencanakan untuk melakukan renovasi masjid ini. Renovasi yang sudah selesai adalah pembangunan menara masjid yang jadi satu dengan gedung BAZIZ kota Bogor. Sementara untuk masjidnya sendiri belum tampak ada tanda-tanda pelaksanaan renovasinya.

Di manapun salah satu fungsi sampingan masjid adalah sebagai tempat beristirahat sejenak bagi para musafir. Di masjid ini pun demikian. Pun demikian dengan diriku yang sudah kelelalah dan ingin sejenak me-recharge tenaga.

Daya tampung masjid ini lebih luas dari Masjid Agung Bogor. Namun, masjid ini halamannya tidak memiliki pohon-pohon yang rimbu seperti Masjid Agung. Mungkin masih dalam perencanaan bersamaan dengan rencana renovasi masjid ini.

Bagi yang suka membaca, sambil beristirahat kita bisa membaca buku-buku yang disediakan di perpustakaan masjid ini. Berbagai macam buku agama ditata pada rak-rak yang rapi. Dan meja bacapun telah disediakan untuk memudahkan para pembaca. Lokasi perpustakaan ini berada di serambi masjid.

Berikut sekilas photo-photo tampilan dari masjid ini.

========================================================
Tampilan Eksterior
========================================================

====================================================
Tampilan Menara Masjid dan Halaman Masjid
====================================================

====================================================
Tampilan Interior Masjid
====================================================

====================================================
Maket Rencana Renovasi Masjid
====================================================

====================================================
photo by : deddy
====================================================


Responses

  1. P E R T A M A X X X . . . . .
    bersih juga ya..

    • masih under renovasi masjid itu.. jadi sebenarnya malah masih semrawut..

  2. Assalamualaikum wr wb.
    Mas Deddy terimakasih telah berkunjung ke masjid Raya, mohon maaf jika ada yang tidak berkenan dan tempat kami masih jauh dari layak,karena memang salah satu alasannya adalah kami sedang merenovasi Masjid ini. Oia photo2nya bagus banget,dan akan kami masukan sebagai tambahan dokumentasi kami jika mas Deddy berkenan🙂

    • wa’alaykum salam. wah terima kasih juga mas hilman. silahkan jika menginginkan photo2 tersebut sebagai dokumentasi. sebagai warga bogor, saya juga sangat berharap, semoga masjid kebanggaan warga bogor tersebut segera selesai renovasinya.

  3. Assalamualaikum wr wb.
    sekedar memberikan informasi tambahan..kami dari pihak perencana masjid raya kota Bogor menginformasikan bahwa dalam perjalanan perencanaan masjid raya kota Bogor telah terjadi perubahan konsep desain, ini terjadi karena kami sepakat untuk semaksimal mungkin mempertahankan struktur utama masjid yang ada, sehingga model yg tergambarkan di maket yang ada sudah terjadi perubahan…sampai saat ini kami masih menyusun konsep terbaru..kami mohon do’a agar rencana revitalisasi masjid raya kota Bogor berjalan dengan lancar…Amin’..

    • wah terima kasih atas infonya.

  4. Asslamualaikum,Maaf Pak numpang tanya, kalo pengajian minggu pagi di Mesjid Raya Bogor ada nggak ?

    • Wa’alaykumussalam pak. Biasanya kalo masjid besar seperti itu ada pak. Saya pernah singgah ke sana dan kebetulan ada kajian. Tapi apakah itu rutin atau tidak, saya kurang tahu…

  5. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Mau tanya, apakah dalam 10 malam terakhir pada ramadhan 1432 H di masjid raya bogor dilakukan kegiatan i’tiqaf bersama-sama.

    Terima kasih.

    Wassalam,

    Dian Darsin

  6. Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

    Saya mencari Pengajian/ Tausiah, yang diadakan pada hari Sabtu atau Minggu, di Bogor. Apakah di Masjid Raya Bogor ada acara tersebut? Kalau ada, minta schedule nya.

    Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.,

    Murniati Sono

    • Ass. saya jg ingin mengikuti acara pangajian di Mesjid raya bagi ibu-ibu yg bisa dihadiri sabtu atau minggu pagi dan mengharapkan informasinya, Wss. mksh

  7. Kepada Pengelola Masjid Raya Bogor,

    Saya hanya ingin memberikan masukan, mudah-2 an bisa ditindaklanjuti/ diperbaiki. Kalau saya mengambil air wudhu, dibagian wanita, airnya menggenang, jadi sehabis mengambil air wudhu, kakinya kotor lagi, struktur lantainya harus diperbaiki.

    Terima kasih.

    Murni Sono

  8. […] Mesjid Raya Bogor Mesjid Raya Bogor Mesjid Raya Bogor Mesjid Raya Bogor dibangun pada tahun 1970 selesai tahun 1979 dengan arsitek FX. Silaban dilengkapi dengan gedung Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor dilengkapi dengan sarana perpustakaan umum. […]

  9. Assalamu’alaikum.. saya juga ingin menanyakan hal yg sm dengan bu Murniati Sono, apakah ada acara pengajian pada hari minggu pagi atau sabtu sore.. terima kasih.. tolong info nya ke email saya ya.. terima kasih..🙂

    • mohon maaf, saya kurang tahu mengenai jadwal kajian yang ada di masjid ini. sudah lama saya tidak berkunjung ke sana. saat ini masjid tersebut sepertinya tengah melakukan renovasi besar-besaran.
      untuk lebih jelasnya mengenai informasi aktifitas yang ada di masjid tersebut dapat menghubungi :
      Alamat:
      Masjid Raya Bogor
      Jl. Raya Pajajaran No. 10
      Bogor, Jawa Barat
      Nomor Telepon:
      0251. 323344
      Nomor Fax:
      0251. 323345
      Demikian, semoga dapat membantu.

  10. assalamualaikum…
    saya hanya meng-info kan bahwa…hari senin (09.00-12.00) dan Rabu (08.00-10.00 dan 10.00-12.00) ada pengajian di mesjid AL Ittihad – Indraprasta 2, kamis dan sabtu pk. 09.00-10.00 penganian tahfidz(hafalan Qur’an) di Mesjid Al Muttaqin-Pandu Raya, kamis pk 10.00-12.00 pengajian tahsin (daftar terlebih dahulu) di Al Muttaqin juga. Semoga bermanfaat, Wassalam

    • Terima kasih atas infonya.

  11. kalo dari stasiun bogor, masjidnya dmnnya plis bales aku mau kesana

    • dari stasiun bogor naik angkot no. 03 jurusan terminal Baranangsiang.
      kemudian lanjut naik no. 01 jurusan ciawi, turun di Masjid Raya. Kalo mau jalan dari Baranangsiang juga bisa. Gak jauh kok. ok.. semoga membantu.

  12. assalamualaikum…saya bru tau klu ada masjid seindah masjid raya bogor…terima kasih atas info dan fhoto fhoto nya kang deddy…semoga masjid dan megah itu penuh jama’ah nya…maaf aja kang deddy soal nya banyak sekali masjid megah dan indah di indonesia ini..sepi kosong jama’ah nya….ironis kan…sekali lg terima kasih atas info dan fhoto nya

  13. semoga cepat terealisasi amiin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: