Posted by: deddyek | April 12, 2010

Taman Menteng di Jakarta

Taman Menteng, begitulah namanya. Suatu taman kota yang berada di wilayah Menteng, Jakarta Pusat. Dulunya area taman ini merupakan Stadion Persija. Kemudian Stadion tersebut dibongkar untuk dijadikan taman.

Taman ini diresmikan oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo pada 28 April 2007. Taman ini memiliki luas 2.5 hektar.

Bagi warga Jakarta sekitaran Menteng, Kuningan dll, keberadaan taman ini memberikan manfaat yang berarti. Setiap pagi dan sore terutama di hari libur, taman ini akan dipenuhi oleh para keluarga, para pemuda, anak-anak remaja, bahkan beberapa warga negara asing yang menikmati pagi atau sore harinya dengan jalan-jalan atau berolahraga di taman ini.

Minggu awal April lalu, diriku mencoba menikmati pagi hari di taman ini untuk sekedar jalan-jalan mencari udara segar dan matahari pagi.

Untuk menuju taman ini sangatlah mudah. Dari blok M cukup dengan menaiki bus Kopaja 66 kemudian turun di jembatan fly-over Menteng kemudian pindah bus Kopaja 20 menuju taman ini. Untuk yang dari Pasar Senen atau Lebak Bulus cukup naik Kopaja 20 dan turun tepat di depan taman ini. Mudah bukan …?

Bangunan yang mencolok dari taman ini adalah dua buah rumah kaca yang berbentuk piramid. Rumah kaca ini difungsikan semacam function hall. Jadi bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti pameran, dll.

Sebagaimana sebuah taman, aneka macam tanaman dan pepohonan yang indah dihadirikan di sini. Dengan penataan yang sedemikian rupa, membuat taman ini menjadi begitu asri.

Selain itu area lapang yang luas juga disediakan untuk dapat dimanfaatkan dalam berbagai aktifitas seperti gathering, acara keluarga, dll. Dengan rumput yang menghijau di area tersebut, membuat area lapang ini menjadi begitu nyaman untuk digunakan.

Berolahraga merupakan aktifitas yang banyak dilakukan di taman ini. Untuk yang gemar jogging atau bersepeda, di sini disediakan lokasi track yang cukup baik dengan di kiri kanannya berhias aneka tanaman.

Bagi yang suka bermain futsal atau bola basket, di taman ini juga disediakan lapangan untuk bermain kedua olah raga tersebut.

Oh ya, bagi yang membawa anak-anak, wah.. di taman ini nampaknya juga cukup bersahabat dengan anak-anak. Karena beberapa macam taman mainan anak ada di sini.

So, bagi warga Jakarta yang ingin menikmati liburan pagi hari dengan keluarga, Taman Menteng sepertinya bisa menjadi alternatif pilihan.

===================================================
photo by : deddy
===================================================


Responses

  1. P E R T A M A X X X . . . . .
    semoga bertambah banyak taman-taman hijau yang memberikan kesejukan di tengah-tengah kota. dan semoga juga bisa ditiru oleh kota-kota lainnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: