Posted by: deddyek | April 27, 2010

Car Free Day – April 2010 : Bundaran Hotel Indonesia

Puas berjalan-jalan menikmati ragam budaya dan kuliner Betawi yang ditampilkan dalam Gebyar Hardiknas, aku segera beranjak menuju Bundaran Hotel Indonesia.

Menyusuri Jl. Sudirman – Thamrin dengan berjalan kaki sekitar pukul 10.00 pagi, terasa mengasyikkan. Menyaksikan pemandangan gedung-gedung bertingkat yang menjulang di langit Jakarta yang cerah pagi itu, menikmati hangatnya sinar matahari yang menyeruak jagad Jakarta pagi itu, dan menyaksikan aneka macam kegiatan yang dilakukan oleh warga Jakarta di sana, membuat minggu pagi itu begitu menyenangkan.

Jalan kaki, jogging, bersepeda, bersantai ria, hunting photo, wisata kuliner adalah berbagai aktifitas yang jamak di jumpai di setiap even Car Free Day. Tak terkecuali hari itu.

Semakin dekat dengan kawasan Bundaran Hotel Indonesia, keramaian semakin terlihat. Ternyata beberapa stand even Gebyar Hardiknas juga berdiri di sana dan tampaknya mereka sedang persiapan untuk berkemas-kemas.

Keramaian hari itu semakin terasa dengan adanya panggung musik. Pagi itu Polda Metro me-launching Twitter Metro Community – Peduli Keselamatan. Dalam acara itu dimeriahkan dengan live-music dengan Groovy Band sebagai salah satu band yang mengisi.

Di sisi sebelah timur Bundara Hotel Indonesia, pagi itu digelar spanduk panjang di tanah. Spanduk-spanduk itu diisi dengan tanda tangan kepedulian dari warga Jakarta akan keselamatan berlalu lintas. Ribuan tanda tangan pagi itu telah tertera di atas spanduk.

Sinar matahari sudah mulai terasa panasnya. Pada saat itu terlihat barisan ondel-ondel berjalan pulang dengan diiringi alunan khas Betawi. Hal itu menjadikan tontonan tersendiri bagi warga yang beraktifitas di Bundaran Hotel Indonesia.

Jl. Sudirman – Thamrin dengan Bunderan Hotel Indonesia di hari-hari kerja selalu ramai dengan berbagai jenis kendaraan bermotor. Apalagi di waktu jam sibuk pagi dan sore. Namun di minggu menjelang siang ini, keramaian justru oleh warga Jakarta.

Para pedagang kaki lima yang pada hari biasa tidak boleh mangkal sembarangan di sana, hari itu mereka bebas mau memilih mangkal di mana. Sehingga cukup banyak variasi menu makanan yang ditawarkan bagi warga yang sedang beraktifitas. Mulai dari bakso, mie ayam, ketupat sayur, aneka makanan rebus, aneka makanan khas Jakarta dan aneka minuman begitu mudah dijumpai.

Bunderan Hotel Indonesia dengan air mancur yang memancar dan berlatarkan gedung-gedung tinggi dan pusat perbelanjaan (seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dll) menjadikan daya tarik tersendiri. Terbukti, banyak orang yang mengabadikannya dengan berphoto di sana.

Bundaran HI sendiri pembangunannya tidak bisa dipisahkan dengan proyek mercusuar kota Jakarta, yang dicitakan oleh Presiden Sukarno waktu itu. Berkaitan dengan kegiatan Asian Games pada tahun 1962, maka dibangunlah suatu taman air mancur yang terletak di depan Hotel Indonesia, sehingga terkenallah dengan sebutan Bundaran HI. Dan di tengah-tengah bundaran tersebut berdiri Patung Selamat Datang, yang diibaratkan sebagai penyambutan terhadap para atlet yang akan berlaga dalam Asian Games 1962 di Jakarta.

Untuk Bundaran HI sekarang sudah berbeda dengan waktu itu. Berbagai renovasi telah dilakukan hingga menjadi lebih cantik dan rapi. Dan sekarang lokasi tersebut menjadi salah satu tempat favorit bagi para demonstran untuk menyampaikan aspirasinya.

Tapi pagi menjelang siang hari itu, Bundaran HI menjadi milik warga Jakarta dan siapa saja yang ingin menikmati hari liburnya bersama teman dan keluarga.

============================================
photo by : deddy
============================================


Responses

  1. P E R T A M A X X X . . . . .
    wah nikmatnya bisa menghirup udara segar di jakarta.

    • ya lumayan lah mas… sebulan sekali jakarta bebas kendaraan bermotor


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: