Posted by: deddyek | April 27, 2010

Car Free Day – April 2010 : Gebyar Hardiknas

Minggu 25 April 2010, hari itu sudah ku tandai di kalender. Ada yang spesial ? Hmmm.. tidak juga. Hari itu cuma ada even Car Free Day di Jakarta. Tepatnya di kawasan Jl. Sudirman – Jl. Thamrin. Dan diriku ingin menikmati suasana pusat kota Jakarta tersebut ketika tiada kendaraan bermotor melaluinya.

Car Free Day adalah suatu inisiatif yang dikeluarkan oleh Pemda Jakarta untuk memperbaiki kualitas lingkungan kota Jakarta, yaitu dengan membebaskan lokasi atau area yang ditentukan dari kendaraan bermotor.

Untuk di lokasi favorit seperti Jl. Sudirman – Thamrin, kegiatan ini dijadwalkan setiap hari minggu di akhir bulan. Sedangkan untuk kawasan lainnya seperti Jl. Rasuna Said – Kuningan, Sunter, Jl. Suprapto, Kawasan Kota Tua, dll. sudah terdapat jadwal tertentu.

Untuk lebih lengkap jadwal dan lokasi Car Free Day dapat diunduh di sini.

Dengan menggunakan bus transjakarta dari Mampang, dengan cepat pagi itu diriku sampai di halte bus-way Dukuh Atas. Hari itu rencananya ingin jalan kaki dari Dukuh Atas ke Bundaran Hotel Indonesia.

Pagi itu dari halte Dukuh Atas sudah terlihat keramaian yang semarak. Aku menerka-nerka, semeriah ini kah Car Free Day hari ini ? Atau memang sedang ada even lain juga ?

Gebyar Hardiknas

Dengan melalui jembatan penyeberangan yang menghubungkan antara halte Dukuh Atas II dan Dukuh Atas I, diriku ingin melihat kemeriahan apa yang ada pagi itu. Dari atas jembatan penyeberangan, tampak jalanan sepanjang Jl. Sudirman itu penuh dengan orang-orang dan berbagai stand bernuansa Betawi yang memiliki warna-warni dekorasinya.

Dari tanya beberapa orang yang juga menikmati pagi itu di sana, hari itu sedang di adakan Gebyar Hardiknas. Karena ini Jakarta, maka nuasan Betawi-lah yang ditampilkan. Hmmm… sangat menarikkkk….

Setelah keluar dari halte Dukuh Atas I, dirikupun ikut bergabung dengan ribuan orang yang memenuhi Jl. Sudirman untuk menikmati semarak acara tersebut.

Berbagai stand yang mewakili berbagai sekolah yang ada di Jakarta, menyajikan beragam budaya Betawi. Mulai dari marawis, tarian betawi, ondel-ondel, pencak silat dan tidak ketinggalan pula marching-band.

Oh ya, yang hobby kuliner, berbagai jenis makanan khas betawi dan minumannya, juga ditampilkan. Untuk menikmati, para pengunjung bisa membelinya dengan harga yang menarik.

Meskipun jalanan penuh, namun bus Transjakarta pagi itu masih tetap beroperasi. Dengan melaju perlahan-lahan dan sering berhenti, bus tersebut seakan-akan membantu para penumpangnya untuk ikut menikmati keramaian pagi itu dari dalam bus. Hingga tidak sedikit dari penumpang bus memutuskan untuk menghentikan sementara perjalanannya dan turun di halte bus terdekat untuk selanjutnya menikmati kemeriahan pagi itu.

Hari itu ternyata diadakan juga sepeda santai keliling Jl. Sudirman – Thamrin. Kegiatan itu diikuti oleh Pak Foke (Gubernur DKI) beserta jajarannya, para komunitas sepeda dan masyarakat umum.

Ketika rombongan sepeda santai itu lewat di depan stand-stand yang ada, berbagai atraksi seni Betawi langsung ditampilkan dengan penuh semangat untuk menghibur para pesepeda. Suara dentuman petasan khas Jakartapun membahana menyibak keriuhan yang ada. Wah… bener-bener luar biasa pagi itu.

Beberapa turis asing, tampak begitu ceria menikmati pagi itu. Dengan berjalan kaki bersama teman dan keluarganya, mereka membidikkan camera SLR-nya.

Memang pagi itu kemeriahan even begitu terasa. Warna-warni dekorasi khas Jakarta, dan senyum serta tertawa ceria dari para peserta dan pengunjung, benar-benar membuat Jakarta seakan berbeda.

============================================
photo by : deddy
============================================


Responses

  1. P E R T A M A X X X . . . . .
    semoga kelak ditiru di kota-kota besar lainnya di indonesia

  2. numpang promo. Kalau mau rental sepeda untuk Bandung sekitarnya, rental aja sepedanya ke My Bike di jalan jalaparang, no. 3 sukaluyu Bandung. untuk lebih jelasnya, kelik aja website rental sepeda My Bike di : http://www.rentalsepeda.com.
    thx ya , mdh2an bermanfaat.
    Arnold 0817 230 8338

    • wah info yang bagus mas.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: