Posted by: deddyek | May 14, 2010

Rusa-rusa Istana Bogor

Di suatu pagi, jika anda dan keluarga sedang berada di kota Bogor atau sekitarnya, dan anda beserta keluarga ingin menikmati suatu suasana segar, berkunjung ke kawasan Kebun Raya Bogor adalah bisa jadi pilihan yang tepat. Namun jika anda enggan untuk berkeringat menyusuri deretan pepohonan dan tetanaman indah di Kebun Raya Bogor, anda dapat singgah sejenak di luar pagar Istana Bogor.

Entah siapa yang memulai dan entah bagaimana asalnya, secara gak resmi sepanjangan jalan dari Istana Bogor menuju depan Hotel Salak, telah menjadi sarana wisata tersendiri. Aktifitas yang mengasyikan itu adalah melihat-lihat begitu banyak rusa serta memberikan makan kepadanya. Tentu hal itu menjadi sangat menarik bagi anak-anak. Rusa-rusa yang terlihat begitu jinak dan seakan ramah menyambut para pengunjung, membuat anak-anak tidak begitu takut untuk mendekatinya dan memberikan makanan berupa wortel dan sayur-sayuran dari balik pagar taman Istana Bogor.

Liburan lalu sembari olah raga, berjogging ria di jalan depan Istana Bogor menuju Kebun Raya Bogor, diriku menjumpai pemandangan yang menarik.

Yang pastinya adalah keanggunan Istana Bogor merupakan hal menarik pertama. Salah satu Istana kepresidenan yang ada di negeri adalah di Bogor. Meski jarang digunakan dan kebanyakan untuk penyambutan tamu negara, antusias warga yang sedang berada di kawasan itu untuk melihatnya cukuplah besar. Meskipun hanya bisa berphoto-photo dari balik pagar Istana.

Lepas dari lokasi tersebut, melangkahkan kaki menuju arah Hotel Salak, diriku mendapati deretan mobil dan sepeda motor yang berhenti di sisi kiri jalan seakan sudah seperti valet parking. Dan di trotoar jalan, terlihat banyak orang melihat-lihat ke arah dalam pagar Istana.

Puluhan bahkan mungkin ratusan ekor rusa seakan menyajikan suatu pesona bagi mereka. Tak sedikit para pengunjung mengarahkan kameranya ke beberapa lokasi di mana para rusa beraksi.

Dan suara tawa, teriakan dan cekikikan anak-anak kecil terdengar riuh mewarani pagi itu. Dengan polah yang lucu, seakan takut namun ingin, anak-anak kecil memberikan makan kepada rusa-rusa itu. Tawa riang mereka seakan mencerahkan pagi itu. Dan seperti kian tertarik, anak-anak itu berulang kali memberikan makanan. Bahkan mereka merengek kepada orang tuanya untuk membelikan seikat wortel atau sayuran untuk diberikan kepada rusa-rusa itu.

Kegiatan memberikan makan kepada rusa-rusa itu secara tidak langsung memunculkan orang-orang kreatif untuk membantu para pengunjung dan tentu saja mendapatkan tambahan penghasilan.

Beberapa penjual wortel dan sayuran bermuncul di sana. Mereka menawarkan jualannya itu kepada para pengunjung. Wortel atau sayuran yang telah diikat itu dijual seharga seribu rupiah perikatnya.

Murah bukan ? … Makanya tidak heran kalo mereka diserbu anak-anak para pengunjung.

Ketika anak-anak asyik memberi makan rusa-rusa, para orang tua nampak juga punya aktifitas sendiri. Selain jeprat-jepret polah sang anak, wisata kuliner pagi di jalan itu menjadi suatu pilihan yang menarik juga. Aneka macam makanan khas Bogor di jual oleh para pedangang di sana. Kue ape, kue pukis, kue rangi sampai ketan bakar tersedia di sana dengan harga yang sangat terjangkau.

Untuk yang ingin menikmati pagi di kota Bogor dengan moda transportasi yang lain, hmmm… beberapa tukang delman sudah mangkal di lokasi tersebut. Dengan membayar ongkos tertentu, pak kusir akan dengan senang hati mengantar para pengunjung menyusuri jalanan Bogor di pagi hari yang segar.

Hmmm… mengasyikkan bukan .. ??

Puas menikmati suasana area tersebut dirikupun lanjut untuk jogging menyusuri jalanan tersebut menuju Kebun Raya Bogor.

============================================
photo by : deddy
============================================


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: