Posted by: deddyek | May 28, 2010

Masjid Baitul Ihsan – BI di Jakarta

Masjid Baitul Ihsan. Itulah nama masjid tersebut. Masjid yang berlokasi di kompleks perkantoran gedung Bank Indonesia, nampak berdiri megah dan terlihat dengan jelas menaranya dari ujung barat Jl. Merdeka Raya menuju Jl. MH Thamrin – Jl. Budi Kemuliaan.

Jumat tadi, diriku singgah untuk sholat jumat di masjid ini. Untuk mencapai masjid ini cukuplah mudah. Dengan menaiki bus transjakarta dan turun di halte Bank Indonesia, kemudian dilanjutkan berjalan kaki menyusuri Jl. Thamrin kemudian belok ke Jl. Budi Kemuliaan, maka sampailah di lokasi masjid tersebut.

Tampilan Eksterior

Masjid tersebut memiliki tampilan eksterior yang indah layaknya eksterior masjid-masjid di Timur Tengah. Masjid ini memiliki satu buah menara serta satu kubah besar di tengah-tengah bangunan dan dua kubah kecil.

Pintu masuk masjid ini ada tiga buah. Yang pertama adalah menghadap sisi Jl. Budi Kemuliaan. Hal ini membuat warga sekitar mudah untuk mendatangi setiap sholat fardlu berjamaah yang diselenggarakan.

Pintu kedua berada menghadap gedung perkantoran Bank Indonesia. Hal ini mungkin untuk memudahkan para karyawan yang berkantor di kompleks Bank Indonesia untuk langsung masuk dan menunaikan sholat di masjid ini.

Pintu ketiga berada di bagian selatan masjid . Pintu ini menghubungkan antara ruang wudlu, hall dan ruang sholat utama. Terdapat pintu masuk di sisi ujung selatan. Di sana bertempat penitipan sandal dan barang jamaah. Kemudian dari sisi yang sama dengan melalui koridor, terdapat tempat wudlu dan toilet.

Jamaah yang keluar dari ruang wudlu akan langsung menghadapi hall yang lumayan besar yang digunakan sebagai ruang sholat tambahan. Di lain sisi dari hall tersebut, di sanalah terdapat pintu masuk lainnya untuk ke ruang sholat utama.

Meskipun hari ini adalah jumat di hari libur nasional, jamaah sholat jumat begitu penuh. Gerbang masjid di buka pukul 11:00, dan satu persatu jamaah pun memasuki masjid tersebut.

Wajah-wajah ramah dari para petugas keamanan, takmir masjid sampai petugas penjaga penitipan nampak dominan dalam menyambut kehadiran para jamaah untuk menunaikan sholat jumat.

Tampilan Interior

Ruang sholat yang luas dengan ornamen interior yang cantik, dipadukan dengan semua fasilitas yang sangat baik, membuat jamaah yang sholat di masjid ini begitu nyaman.

Hamparan karpet polos yang bersih dengan jarak antar shof yang cukup sesuai, disertai harum wangi di semua lokasi, membuat para jamaah begitu nikmat menikmati saat-saat sujud.

Dan tentu saja tidak ketinggalan tersedianya fasilitas Air-Conditioning, yang semakin menyejukkan suasana dan menambah kenyamanan para jamaah.

Hmm… memang tidak salah jikalau rekan-rekan menceritakan kepadaku tentang nikmatnya pengalaman mereka melakukan ibadah baik sholat maupun kegiatan lainnya seperti i’tikaf di bulan ramadhan dan mabit di masjid ini.

Manajemen masjid yang baik begitu jelas terlihat. Berbagai aktifitas untuk memakmurkan masjid telah disusun rapi. Mulai dari kajian rutin ba’da dzuhur, kajian muslimah, kajian manajemen qolbu, dan beberapa aktifitas lainnya, ada di masjid ini.

Keberadaan unit usaha seperti haji dan umrah, semakin menunjukkan betapa tertatanya sistem manajemen masjid di sini. Begitulah kiranya tergambar dari apa yang aku lihat dan apa yang disampaikan oleh pembawa acara sebelum khutbah jumat dimulai.

Kembali ke ruang sholat, di masjid ini terdapat tiga lokasi ruang sholat. Ruang sholat utama berada di lantai dasar.

Selanjutnya di ruang mezzanine lantai atas (balkon).

Serta ruang basemen. Ruang basemen sengaja dikhususkan untuk jamaah wanita dan juga kajian muslimah.

Total kapasitas jamaah bisa tertampung adalah sekitar 4.200 orang.

Hmmm… benar-benar masjid yang memberikan kenyamanan dengan maksimal kepada para jamaahnya. Dan tidaklah berlebihan jikalau beberapa jamaah yang tinggal di wilayah lain, rela datang ke masjid ini untuk menunaikan ibadah dengan khusyuk.

============================================
photo by : deddy
============================================


Responses

  1. subhanallah🙂

  2. subhanallah

    • sudah pernah ke masjid ini mbak ?

  3. Sayang… Ga bs buat prasmanan disaat akad nikah ya…

  4. Saya sangat ingin sekali merasakan Ijab Khabul di Mesjid BI ini, kemanapun saya mencari mesjid, Hall n Hotel, tetapi kembali lagi ke mesjidcara Akad ini utk meniatkan a nikah April nanti. Akan tetapi terbentur oleh peraturan Mesjid yang ada karena tdk blh adanya penyajian tamu secara prasmanan. Kl saja saat ini peraturan itu dapat diubah.. Waah… Sy dtk akan melirik tempat lain. Mesjid ini bgitu bersih, terawat n utk yg ingin Akad Nikah yg sangat sakral, disini sgt cocok. Jarang ditemui laki2 tidur2an didalamnya. Mesjid yang paling sy suka yg pernah sy temui di Jakarta. Mungkin byk yang lain spt istiqlal dll..Tetapi terlalu besar. N gaya Mesjid BI ini spt mesjid di Timur Tengah.

  5. bisa nga……. akad nikah di masji baitul ihsan,

    • saya rasa bisa kok mbak…

    • alhamdulillah. masjid BI menyediakan layanan untuk akad nikah. untuk info lebih lengkap dapat menghubungi sekreatariat Masjid BI. Cp. Bpk Agung Rijadi di 021-3818457.

      semoga bermanfaat.

      • terima kasih atas infonya.

  6. subahannallah…..

  7. kalw drai bandara mau ke sana rutenya gimana ???

    • naik bus damri jurusan gambir. bus tersebut akan lewat jl. budi kemuliyaan tempat di mana masjid tersebut berada. bilang sama pak sopir atau kondekturnya untuk turun di sana.

  8. Fitrah manusia azali menyenangi keaslian ketimbang kepalsuan. Sama halnya dengan si pedagang sate atau soto, masing2 mengaku satenya asli sate padang atau sotonya asli soto betawi. Penjualan onderdil kenderaan bermotor juga seperti itu. Pedagang mengaku dagangannya barang asli.

    Kalau pedagang duniawi saja hasratkan keaslian, bagaimana dengan perniagaan disisi Allah ? Pedagang yang kita anggap kurang pendidikan itu ternyata memahami psikologi manusia dan kemanusian yang tinggi dengan memajang merek asli dari dagangannya. Bagaimana kita selaku ummat Islam ? Apakah tidak menghendaki keaslian keadaan Masjid semasa Rasul Allah ?

    Haruslah diakui, tidak adanya larangan yang tegas dalam hal ini, lagi pula makan dan minum diruang Masjidpun tidak dilarang, asalkan segera dibersihkan seusai selesai hajat tersebut.

    Namun begitu, untuk adakan pesta perkawinan di Masjid, wajiblah bagi kita mengkaji ulang bahkan berulang ulang agar terhindar dari perbuatan yang dibenci Allah. Masjid adalah rumahNya, dan oleh karena itu wajiblah bagi setiap Pengurus Masjid mengetahui tata tertib, tata cara atau tata laksana dari setiap ritual Islam. Istana Manusia saja punya protokoler tersendiri.

    Banyak dikalangan ummat bahkan dikalangan Ulama yang menyepelekan hukum hukum Allah hanya karena dianggap hal sepele, padahal se-sepele apapun adalah perintah Allah yang wajib dilaksanakan atau dihindari dll.
    Sayang tidak banyak yang mengetahui perintah Allah dalam Al Qur’an, padahal setiap amal wajib atas perintah Allah dan peragaan contoh Rasulullah.(Al Baqarah 59) Lain halnya bila menyangkut hal hal keduaniaan, maka hendak nya bukan Masjid Allah lokasinya. Hendaknya kita berhati hati dalam hal ini. “MEREKA ITU TIDAK SEPATUTNYA MASUK KEDALAM MASJID ALLAH, KECUALI DENGAN RASA TAKUT KEPADA ALLAH. MEREKA DIDUNIA MENDAPAT KEHINAAN DAN DIAKHIRAT MENDAPAT SIKSA YANG BERAT”. (Al Baqarah 114.)

    Masuk ke rumah Allah seharusnya dengan rasa takut kepada Allah, kalau kalau tanpa setahu dan sepengetahuan, kita telah berbuat lancang atau lancung. Extra hati hati, estra waspada, jangan sampai berbuat hal yang tidak disukai Allah. Maklumlah, Masjid kan rumah Allah yang peruntukan nya sebagai berikut: “DAN KAMI TELAH PERINTAHKAN KEPADA IBRAHIM DAN ISMAIL:” BERSIHKAN RUMAHKU UNTUK ORANG ORANG YANG THAWAF, YANG I’TIKAF, YANG RUKUK (SHALAT DAN YANG SUJUD (SHALAT). (Al Baqarah 125.)

    Kesimpulannya adalah : Masjid adalah seutama-utama Rumah Allah yang suci khusus untuk beribadah saja seperti terurai pada ayat diatas. Mohon tidak merubah atau mengubah tatanan baku yang digariskan Allah dan RasulNya.

    Mudah2an kita telah mengamalkan apa yang telah menjadi perintah Allah yaitu untuk saling nasehat menasehati terhadap hal hal yang meragukan status hukumNya. Karena pada hal hal seperti itu LETAK UJIAN BESAR dari Allah atas hamba2Nya. Islam mengajarkan LA GRAIBA FIHI ! Bagi saya peribadi, akan jauh lebih baik bagi kita untuk segera menjauhkan diri dari hal hal yang meragukan. Karena Allah tidak menerima amal amal yang dilaksanakan dengan keraguan hati. Sungguh ini adalah pelajaran yang sangat berharga Allah berikan kepada hambaNya agar selamat meniti dan menata hidup dunia dan akhirat.

    Akhirul kalam, saya dengan segala kerendahan hati – kiranya saudara2 pengurus Masjid Allah nan Indah ini berkenan mempertimbangkan muatan nasehat ini. Terima kasih atas pertimbangan dan perhatiannya.

    Salam,
    ZULKARNAIN AL IDRUS
    Bukit Indah E4/6
    ciputat 15414
    19 Aug 2013

  9. Mohon sampaikan surat saya diatas kepada bapak Agung Rijadi, thanks
    Salam
    Zulkarnain Al Idrus

  10. tambahan buat PAk Agung Rijadi,
    bila disuatu waktu dimasa mendatang masih memerlukan seorang pembantu dibidang kemasjidan, agar kiranya mempertimbangkan saya sebagai kandidatnya. Usia memang sudah tua (64), mantan pendaki gunung dan penjelalah hutan belantara bersama turis2 manca negara, termasuk kampung2 terpencil di pegunungan. Oleh karena itu, masih berenersi seperti layaknya orang muda, siap membersihkan rumah Allah (ll/125) dan tugas lainnya. Dari komentar2 diatas saya simpulkan masjid yang asri bersih dan tidak adanya orang tiduran dll mmbedakan masjid ini dari masjid2 lainnya. ini menyenangkan hati, dan surga bagi hamba Allah yang ingin beribadah, dan jauh dari kebisingan dan hingar bingar. Silakan mempertimbangkannya
    Terima kasih atas perhatiannya.

    salam
    zulkarnain al idrus
    lain lain pekerjaan kemasjidan.

  11. Reblogged this on PenaAlitnyaNoeroel Blog🙂 and commented:
    Petunjuk antisipasi untuk si “Gadis Penyasar” ^_^
    Bagi sahabat’s yang mau hadir di Kajian bersama Ustadz salim A. Fillah di masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia ahad besok [28/09/2014], berikut rute jika naik busway dan keterangan masjidnya🙂

    • Insya Allah diusahakan hadir bila disebutkan waktunya.
      Thanks
      AIZ

      • Ahad, 28/09/2014
        pukul 08.30-11.30, Kak🙂
        hadir yaaa!

      • ahad, 28/09/2014jam 08.30-11.30, Kak🙂

        PAN

  12. PROPOSAL BUKA PUASA BERSAMA & KERJA SAMA

    No : 12/PPN/06/2016
    Perihal : PERMOHONAN BUKA PUASA BERSAMA & KERJA SAMA
    Kepada Yth
    Bapak/I : PENGURUS MASJID AL-IHSAN ( RASBI )
    Di : Jakarta Pusat

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Salam ta’zhim kami sampaikan semoga Bapak/Ibu selalu dalam keadaan sehat wal afiat serta sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Aammiin

    Selanjutnya, berkenaan dengan adanya kegiatan pembangunan PONDOK PESANTREN NASIRUSSUNNAH PAPUA BARAT yang kami asuh, dimana saat ini kami sangat mengharapkan dukungan dana dari segenap kaum muhsinin, maka bersama ini kami laporkan kelangsungan
    Pembangunan MUSHOLA PUTRI tersebut sebagaimana terlampir, dan sekaligus kami menyampaikan Permohonan Dana Kepada Bapak/Ibu , baik dalam bentuk Wakaf, Zakat dan Infaq demi kelancaran pembangunannya. Dan bagi kaum Muhsinin yang berkenan untuk mendukung program mulia ini, dapat menyalurkannya kepada pengurus PONDOK PESANTREN NASIRUSSUNNAH PAPUA BARAT/REK.BANK REK BRI 685701015392536 An.Emi Wahyuningsih
    Demikian permohonan ini kami sampaikan kiranya Bapak/Ibu dapat mengabulkannya dan atas perhatian dan pengorbanannya kami ucapkan jazakumullahu khairol jaza’, Semoga Allah menerima amalnya sebagai jariah di akhirat kelak serta diganti dengan yang lebih baik di dunia ini, Aammiin.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    PENGASUH PONPES PPN SEK.& BENDAHARA

    USTADZ ARIFIN L.c EMI WAHYUNINGSIH
    Bendahara harian
    Mengetahui,
    Pengurus PPN
    Ponpes Nasirussunnah Papua Barat

    JHONI AYOMI
    KETUA UMUM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: