Posted by: deddyek | May 20, 2011

Masjid Ukhuwwah Islamiyah di Kampus UI – Depok

Masjid ini bernama Masjid Ukhuwah Islamiyah atau Masjid UI. Sesuai namanya, masjid ini berdiri di kawasan kampus Universitas Indonesia Depok. Menurut informasi, masjid ini telah berdiri sejak tahun 1983-an.Jika kita menyusuri jalan utama kampus UI atau kita menaiki kereta menuju Depok, maka terlihatlah masjid tersebut berada di sisi danau yang cukup luas.

Ahad itu, 08 Mei 2011, diriku kebetulan masih ada di area PSJ. Sudah dua hari ini diriku dan rekan-rekan mengikuti pelatihan sistem manajemen K3L di sini. Pada saat sesi istirahat, dan selepas makan siang, diriku dan rekan-rekan beranjak menuju masjid tersebut untuk menunaikan sholat dzuhur.

Tampilan Eksterior
******************

Selepas parkir, kamipun segera menuju masjid tersebut. Sebuah gerbang yang besar kami lewati. Gerbang tersebut menjadi pintu masuk utama menuju areal masjid. Dari tempat ini kita bisa langsung melihat tampilan bangunan masjid berlantai dua.

Sementara itu di kedua sisi masjid terdapat semacam koridor. Di sisi koridor sebelah kiri yang dekat dengan danau, nampak ramai dengan jamaah wanita di sana. Mungkin areal tersebut dikhususkan untuk jamaah wanita.

Koridor di sisi kanan berbentuk letter-L menghubungkan antara ruang wudlu pria, tempat penitipan sandal hingga ke ruang sholat utama.

Sebuah toko yang menjual buku-buku islam ada di sisi kiri samping pintu gerbang.

Kubah yang berbentuk limas berdiri di atas dua atap bertingkat yang mengingatkan pada masjid-masjid di Jateng, Jatim dan DIY.

Tampilan Interior
*****************

Ruang sholat utama masjid ini cukup luas. Tidak ada tiang yang berada di sana. Lantai dan dindingnya berlapiskan marmer. Sehingga meskipun siang hari, sholat di sana terasa cukup nyaman.

Empat buah lengkungan berhiaskan kaligrafi ayat al quran ada di keempat sisi ruang sholat utama.

Dari sini kita bisa terlihat ruang lantai atas dari masjid ini. Lantai atas juga digunakan untuk sholat, khususnya untuk jamaah wanita.

Di bagian mihrab, nampak nuansa putih di sana. Sederhana namun terkesan elegan dengan hiasan kaligrafinya.

***************

Selepas sholat kami istirahat sebentar di sana. Karena keterbatasan waktu, hanya mengambil beberapa gambar dari masjid ini yang dapat diriku ambil. Waktu dah jam satu lebih, dan kamipun harus kembali ke PSJ untuk melanjutkan pelatihan.

====================================================
photo by : deddy
====================================================


Responses

  1. Masjid Gedhe Kaumannya kok nggak bisa dibuka????


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: