Posted by: deddyek | June 9, 2011

Pandanaran, Pusatnya Wisata Belanja di Semarang

Semarang memiliki beberapa spot wisata yang menjadi ikon. Bangunan tua seperti Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Bangunan di Kota Lama, tentu saja menjadi daya tarik tersendiri. Tugu Muda tentu saja tidak ketinggalan. Beberapa tempat ibadah seperti Masjid Agung Jateng, Masjid Raya Baiturahman, Masjid Kauman, beberapa vihara dan gereja tua juga merupakan ikon wisata di kota ini. Selain wisata-wisata seperti di atas, wisata kuliner atau belanja bisa dijadikan alternatif kunjungan jika kita sedang berada di kota ini. Khusus untuk kali ini diriku dan istri tercinta tertarik untuk jalan-jalan sekitaran Jl. Pandanaran.

*************

Sekitar jam 8.12, KA Express Blora Jaya 1 sampailah di stasiun Semarang Tawang. Diriku dan istri turun di stasiun ini. Kami segera menuju pintu keluar. Beberapa tukang becak, ojek, charteran, taksi nampak di sana menyambut para penumpang. Kami lantas berjalan melewati mereka menuju pelataran stasiun. Karena kami terbiasa menaiki taksi tertentu, kami kemudian mencari taksi tersebut di jalan depan stasiun. Benar juga, ternyata taksi tersebut sedang ngetem di sana. Kamipun segera memberi isyarat untuk memilihnya.

Dengan taksi tersebut kami langsung menuju Jl. Pandanaran. Tujuan pertama adalah outlet toko baju muslim Pands. Taksi melaju mengitari taman kolam di depan stasiun Tawang, untuk selanjutnya menyusuri deretan bangunan tua. Gereja Blenduk, Kantor POs Besar, dan beberapa bangunan tua masih berdiri kokoh di sana.

Di dalam taksi kami sedikit menanyakan ke pengemudinya tentang toko bandeng presto yang enak di daerah Pandarana. Dia menceritakan bahwa memang Bandeng Juwana merupakan tempat favorit untuk membeli bandeng presto. Tapi toko PRESTO yang berada tepat di perempatan katanya merupakan perintis produk Bandeng Presto. Begitu tambahnya. Kamipun putuskan nanti untuk mampir ke tempat tersebut.

Lima belas menit kemudian, sampailah kami di Pands. Sampai di sana, toko ternyata masih belum buka. Hehehe.. nampaknya kami terlalu semangat hingga datang kepagian.

Karena masih terlalu pagi, kami lalu berjalan-jalan menyusuri trotoar di jalan Pandarana tersebut. Di sepanjang trotoar kami temui begitu banyak pedagang yang menjual aneka oleh-oleh khas semarang seperti lumpia, bandeng presto, wingko babat, dll.

Sebenarnya kami ingin mencari tempat untuk duduk-duduk sekedar ngeteh atau menyantap makanan ringan, sambil menunggu outlet Pands buka. Berjalan sampai ujung perempatan, tak kami temui lokasi yang kami cari.

Sementara itu di seberang jalan, nampak berdiri gerai restoran cepat saji. Sambil menunggu waktu, kamipun segera menuju kesana sekedar untuk memesan minuman hangat dan makanan ringan.

Waktu hampir mendekati jam setengah sepuluh pagi ketika kami putuskan untuk memulai jalan-jalan. Kembali kami menyeberangi jalan. Nampak di sana toko Presto. Salah satu toko yang menjual bandeng presto.

Pagi itu jalanan cukup ramai hingga untuk menyeberang jalan saja kami perlu waktu dan beberapa kali percobaan. Nampaknya liburan akhir pekan nan panjang itu benar-benar menjadi waktu yang pas bagi warga Semarang dan sekitarnya untuk singgah di jalanan itu.

Kami segera memasuki toko tersebut untuk memesah beberapa bandeng presto. Toko yang relatif bersih dan nyaman. Tak lama kemudian bandeng presto pesanan kamipun siap. Setelah menyelesaikan pembayaran, kamipun segera cabut untuk menuju lokasi selanjutnya.

Lokasi selanjutnya itu tak jauh dari tempat kami semula. Iya .. Toko Bandeng Juwana Elrina. Wow… begitu kami sampai di sana, tak kebayang kalo suasananya akan hiruk pikuk penuh dengan pembeli. Ratusan orang hilir mudik kesana kemari melakukan berbagai aktifitas pembelian mulai pilih-pilih oleh-oleh, nunggu giliran pembayaran dan lain-lain. Kamipun larut dalam suasana itu.

Hari itu kami memilih untuk membeli beberapa lumpia untuk keluarga di rumah. Lumpia udang dan ayam menjadi pilihan kami. Perlu waktu beberapa lama untuk menunggu lumpia tersebut siap.

Selain itu kami juga membeli wingko babat aneka rasa untuk dibawa ke Jakarta sebagai oleh-oleh rekan di kantor.

Sambil menunggu lumpia selesai, kamipun melihat-lihat aneka oleh-oleh yang ada. Kamipun tertarik pada figura-figura berisi tulisan yang dipajang di mana-mana. Ternyata itu adalah testimoni dari para pengunjung toko ini, terutama dari artis, pejabat atau tokoh-tokoh tertentu. Hmmm.. luar biasa.

Setengah jam lebih kami menunggu lumpia pesanan kami siap. Antrian segera berlanjut ke counter pembayaran. Untuk hal ini istrilah yang menangani.🙂

Ternyata oleh-oleh makanan kami lumayan banyak. Dan untungnya kami telah mempersiapkan tas untuk itu. Oleh-oleh itu kami tata dan masukkan ke dalam tas untuk kami tenteng berdua menuju lokasi lain selanjutnya.

Menyusuri trotoar yang penuh dengan orang berlalu lalang serta pedagang yang semangat menawarkan aneka dagangannya, kamipun sampai kembali ke Pands. Hari itu kami bermaksud untuk membeli beberapa pakaian muslim seperti baju koko, mukena sholat, gamis, dll.

Di sana terhampar beraneka jenis pakaian dengan corak yang beraneka ragam pula. Cukup lama kami berada di situ. Hingga tak terasa waktu dzuhurpun tiba. Selanjutnya kami putuskan untuk sholat dzuhur di mushola toko ini. Meski kecil, mushola tersebut cukup bersih dan nyaman.

Waktu sudah menunjukkan jam setengah satu. Tujuan kami selanjutnya adalah Toko Buku Gramedia dan Citraland.

Pukul setengah empat sore, kami pun sudahi jalan-jalan di kota ini dan langsung kembali ke Stasiun Tawang.

====================================================
photo by : deddy
====================================================


Responses

  1. heran sm shop assistants di Bandeng Juwana Elrina, kok gak ngeh ada artis dtg..
    gak ada yg nawarin qt ngisi testimoni hehehe..

    • heheheh … qt tulis aja sendiri bagaimana, terus dibingkai dan dikirim ke sana hehehe🙂 …

  2. Mau belanja, bingung parkirnya di mana. Hehehe

  3. hehehe bener mas.. kayaknya kalo mau belanja di sana mending parkirnya di McD aja mas …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: