Posted by: deddyek | June 22, 2011

Menikmati Siang di Prambanan

Candi Roro Jonggrang, sebuah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Dibangun atas prakarsa Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya sekitar 12 abad silam. Berada di daerah Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Suatu obyek wisata yang menjadi salah satu spot favorit bagi para turis dalam dan luar negeri ketika mengunjungi Jogjakarta.

Dalam itenerary kami ke Jogjakarta, obyek wisata tersebut menjadi salah satu daftar yang hendak kami kunjungi.

Dan hari itu, kami sampai juga di sana ..🙂

**************************

Jogjakarta di hari kedua. Pagi itu udara cukup cerah. Mentari memancarkan sinarnya untuk menghangatkan hari. Beranjak cepat dari hotel, melangkahlah kaki kami menuju halte Trans Jogja terdekat. Tak lama setelah kami membayar tiket dan mengantri, datanglah bus Trans Jogja rute 1A yang akan membawa kami ke Prambanan.

Sebelum menuju Prambanan, bus akan mengitari kota Jogja sejenak termasuk singgah di Bandara Adi Sucipto. Satu perjalanan dari halte pertama kali kami naik, sampailah kami di halte Prambanan.

Sebenarnya jarak antara halte dengan pintu gerbang masih lumayan jauh, kurag lebih satu kilometeran. Tapi berhubung kami masih merasa fit, maka dengan sopan kami menolak tawaran para tukang ojek atau becak yang menawarkan jasanya untuk mengantar kami ke sana.

Menyusuri sisi kiri jalanan nan rindang, membuat kami tak begitu terasa menikmati jalan kaki siang itu. Dari jauh nampak menara Masjid Al Muttaqin terlihat. Kami putuskan nanti untuk sholat dzuhur di sana.

Akhirnya sampailah kami di pintu gerbang obyek wisata. Setelah melewati area perparkiran yang luas serta mampir sejenak di warung-warung penjual minuman untuk sekedar melepas lelah dan beli minuman, kami sampailah di tempat penjualan karcis.

Hari itu ada dua jenis tiket masuk yang bisa dibeli. Tiket paketan Prambanan Boko atau karcis Prambanan saja. Setelah melihat jadwal tour yang kurang sesuai dengan jadwal kami, kami akhirnya hanya membeli tiket masuk Prambanan saja. Hanya Rp. 12.500 per orang.

Selepas melewati tempat pemeriksaan tiket, segeralah kami masuk ke area wisata. Sebuah prasasti peresmian obyek wisata ini oleh Alm. Mantan President Suharto ada di sana. Sementara sebuah bangunan yang menjadi pusat informasi berada di sisi kiri.

Kami berdua bersama ratusan pengunjung yang lain menyusuri jalanan yang di naungi pepohonan menuju lokasi candi Roro Jonggrang. Tak berapa lama kami berjalan, dari jauh terlihatlah bangunan itu berdiri. Kami memperhatikan tampilan candi tersebut dari jauh. Sementara itu rerumputan yang hijau lebat menghias sebagai latar yang cantik.

Panas siang itu memang terasa, maka kamipun beristirahat sejenak di kursi-kursi yang disediakan di bawah pepohonan yang rindang. Berdua kami berbagi segarnya minuman yang kami beli di luar tadi. Dinginnya minuman tersebut begitu segar hingga kamipun semangat untuk kembali meneruskan perjalanan mendekat ke kompleks candi tersebut.

Kembali menyusuri jalan tapi kali ini tak ada pepohonan yang menghias, hingga sinar mentari pun mengenai kami langsung. Panasnya yang terasa, membuat istri tercinta mengeluarkan payung untuk menaungi kami berdua.

Menuju ke kompleks candi, tepat di jalan menuju pintu masuk, nampak terpajang di sana informasi photo mengenai kondisi candi sebelum dan susudah terkena gempa bumi.

Masuklah kami melalui pintu yang telah tersediakan.Begitu mata kami memandang, terlihat hamparan bebatuan yang masih berserakan bekas dari gempa Jogja beberapa tahuan silam.

Sebelum menuju ke lokasi lebih jauh, di bagian depan dekat pintu masuk terdapat semacam panggung kayu. Diriku menaikinya hingga atas. Dari situ diriku bisa mengambil gambar yang lebih jelas.

Sementara itu istri tercinta menuju di balik bebatuan candi di depan untuk diriku ambil beberapa photonya. Hmmm.. keren juga yank …🙂

Selanjutnya kamipun segera menuju lebih dekat ke lokasi candi-candi. Nampaknya candi-candi di sana sebagian besar masih dalam tahap renovasi akibat gempat. Terbukti banyak sekali pagar pembatas untuk mencegah pengunjung masuk lebih dekat.

Kami berjalan dari satu candi ke candi lainnya. Ratusan turis siang itu nampak di sana baik dari dalam maupun luar negeri. Mereka nampak asyik membaca-baca informasi yang ditampilkan di masing-masing candi. Selain juga asyik berfoto ria.

Kamipun juga asyik berphoto-photo di sana🙂 … Beberapa hasil jepretan kami ya seperti di bawah ini …

Puas menikmati tampilan candi-candi tersebut, kami pun menuju pintu ke luar. Melewati jalan yang di sisi area percandian, kami masih bisa sempatkan mengambil beberapa photonya.

Panasnya siang itu memaksa kami bergegas menuju jalan keluar yang lebih rindang. Pepohonan yang tumbuh di sana membuat jalan yang ditempuhi tak begitu panas.

Sebagai pelengkap obyek wisata ini, nampak pula beberapa sarana taman bermain anak.

Sambil berjalan ke luar, kami dapati Museum Prambanan di sana. Karena jadwal yang sudah mepet, kamipun tak singgah di museum tersebut.

Oh ya .. bagi yang malas jalan, di sana tersedia juga semacam kereta yang akan membawa para pengunjung mengelilingi area wisata Prambanan.

Tak afdhol jikalau ke sini tak membeli oleh-oleh untuk keluarga. Sambil menyusuri jalan menuju keluar, kami pun disuguhi deretan ratusan pedagangn yang menjual oleh-oleh seperti kaos, batik, gantungan kunci, dompet, dll. Kamipun membeli beberapa oleh-oleh untuk keluarga di Cepu. Oh ya jangan lupa untuk menawar ya .. Ternyata setelah melalui proses tawar menawar adinda bisa mendapatkan harga yang sangat miring..🙂

Dan sampailah kami di pintu keluar. Selanjutnya bergegas kami menuju Masjid Al Muttaqin yang berada di depan komplek obyek wisata ini, untuk sholat dzuhur.