Posted by: deddyek | July 3, 2012

Masjid Blok A Pasar Tanah Abang

Di tengah hiruk pikuknya aktifitas perniagaan, masjid menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan ketenangan dengan melakukan ibadah di dalamnya. Adalah di sebuah pusat perbelanjaan terbesar di negeri ini yaitu Pasar Tanah Abang, dibangunlah di bagian paling atas dari bangunan tersebut sebuah masjid yang cukup representative.

Entah apa nama resmi dari masjid tersebut, namun orang-orang biasa menyebutnya sebagai Masjid Blok A Pasar Tanah Abang.

Dibangun bersamaan dengan pembangunan kembali Pasar Tanah Abang Blok A yang habis terbakar pada 2002, masjid ini mulai beroperasi pada tahun 2007.

Masjid ini berlokasi di lantai paling atas (lantai 14) dari Area Blok A Pasar Tanah Abang. Untuk menuju ke sana, terdapat banyak lift atau eskalator yang dapat digunakan sebagai aksesnya.

Untuk memenuhi kebutuhan dari begitu banyaknya pedagang dan pengunjung, masjid ini dibangun dengan kapasitas yang cukup memadai. Setidaknya sekitar 2000 jamaah dapat ditampung sekaligus di dalamnya.

Tampilan Ekstrior

Sebagaimana bangunan masjid yang terletak di bagian paling atas dari suatu gedung, tidaklah banyak tampilan eksterior berupa bentuk masjid yang dapat dilihat. Hal itu mungkin karena keterbatasan lahan.

Pun demikian dengan masjid ini. Meski begitu, secara sekilas saja setiap pengunjung yang datang atau hendak menuju ke masjid ini, akan mendapati suatu tampilan arsitektur yang menjadi ciri khas Masjid Nabawi hadir di sana.

Kesan tersebut dapat dilihat dari bentuk motif dari lengkungan-lengkungan yang menghias di sepanjang koridor maupun serambinya.

Untuk sedikit menghadirkan nuansa hijau, diletakkanlah di sana beberapa tanaman palem di beberapa titik.

Koridor yang ada di halaman masjid ini membentuk bidang segi empat. Selain sebagai akses untuk jalan, koridor-koridor yang ada menjadi tempat favorit bagi para pengunjung untuk istirahat sejenak.

Masih di area koridor, di sanalah di tempat ruang wudlu dan toilet untuk pria dan wanita. Masing-masing berada di sisi utara dan selatan.

Untuk masuk ke dalam masjid ini, terdapat beberapa pintu yang diletakkan pada area serambi sisi utara, selatan dan timur.

Tampilan Interior

Berpindah ke bagian dalam yang menjadi ruang sholat. Dengan daya tampung sekitar 2000 orang, tentu saja dibutuhkan ruangan yang cukup luas untuk mengakomodir jumlah tersebut.

Secara umum ada dua ruangan di dalamnya. Yaitu lantai dasar yang digunakan untuk jamaah pria dan lantai mezanine yang digunakan untuk jamaah wanita.

Untuk menuju ruang mezanine diletakkanlah di sana tangga sebagai aksesnya.

Untuk membuat kesan luas, ruang sholat masjid ini tidaklah di topang dengan tiang-tiang yang ada di tengahnya. Tiang-tiang hanya diletakkan sebagai penopang di bawah ruang mezanine.

Berlama-lama di masjid ini untuk sholat, dzikir, membaca al-qur’an ataupun sekedar untuk istirahat terasa cukup nyaman. Meski tak ber-AC, jamaah tidak merasakan panasnya ruangan. Hal itu mungkin karena lokasinya yang berada di ketinggian sehingga tiupan angin begitu leluasa berhembus. Ditambah lagi langit-langit atau atap masjid yang cukup tinggi, menjadikan suasana lapang dan sejuk hadir di sana.

Sebagai hiasan atau asesoris untuk mempercantik ruangan masjid, dihadirkan di sana beberapa ornamen khas Timur Tengah. Yang paling khas tentu saja bentuk lengkungan-lengkungan yang mengelilingi dinding masjid.

Sebagai pencahayaan, deretan kaca patri dengan berhiaskan ornamen-ornamen tertentu di pasang di dinding kiri dan kanan.

Semua itu terlihat begitu selaras dengan diletakkannya deretan kaligrafi ayat-ayat suci Al-Quran pada beberapa bagiannya.

Sebagaimana masjid-masjid yang lain, ornamen-ornamen yang sejenis juga tampak menghias di bagian mihrab. Dindingnya yang berbentuk bidang lengkung terlihat begitu serasi dibalut oleh lekukan-lekukan yang tertempel padanya.

Masih di bagian sisi mihrab, sebuah mimbar besar terbuat dari kayu diletakkan di sana. Sebuah mimbar yang bentuknya tipikal dengan mimbar-mimbar yang ada di beberapa masjid agung.

***************************************

Alhamdulillah, pada saat kami berdua jalan-jalan di Pasar Tanah Abang, kami dapat menunaikan sholat dzuhur di masjid ini. Keberadaannya benar-benar bermanfaat untuk setiap muslim yang tengah berniaga atau berkunjung di sana.

Bukannya hanya keindahan bentuk bangunan atau ruangannya, tingkah kebersihan di area masjid mulai dari koridor, serambi, ruang wudlu hingga toilet cukup terjaga. Lebih-lebih di ruangan sholat. Kebersihannya pun begitu terjaga. Lembaran karpet yang menghampar di seluruh lantainya, menjadikan kenyamanan hadir menyapa bagi siapapun yang mendatanginya.

Begitu banyak pusat perbelanjaan ataupun mall yang tumbuh subur di Jakarta. Namun tidak banyak yang menyisakan ruangannya secara layak yang dikhusukan sebagai tempat sarana ibadah (masjid). Kalaupun ada hanya di sudut-sudut tertentu ataupun di basemen yang susah untuk dijangkau.

Masjid ini dapat menjadi contoh, bagaimana seharusnya para pengembang atau pemiliki pusat perbelanjaan memberikan pelayanan kepada stake-holdernya yang sebagian besar umat Islam dengan menyediakan sarana ibadah baik masjid atau mushola yang layak dan sesuai kapasitasnya.

====================================================
photo by : deddy
====================================================


Responses

  1. Sebenarnya ornamen-ornamen yang ada bukanlah murni dari timur tengah , melainkan diambil sebagai stilasi dari ornamen nusantara. Kami merancangnya dengan menggali berbagai sumber dari khasanah ornamen tanah air. Dr. Tendy Y. Ramadin, S.Des. M.T. (Arch.), Ketua Tim Arsitek Interior Masjid Jami Fatahillah Pasar Tanah Abang Blok A.

    • Sebenarnya ornamen-ornamen yang ada bukanlah murni dari Timur Tengah , melainkan diambil sebagai stilasi dari ornamen Nusantara. Kami merancangnya dengan menggali berbagai sumber dari khasanah ornamen di tanah air. Dr. Tendy Y. Ramadin, S.Des. M.T. (Arch.), Prinsipal Designo Design Bureau, Ketua Tim Arsitek Interior Masjid Jami Fatahillah Pasar Tanah Abang Blok A.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: