Posted by: deddyek | September 18, 2012

Menjelajah Pekan Raya Jakarta 2012 (Bagian-3)

Dan cerita pun berlanjut bersama langkah kami menyibak kerumunan pengunjung yang memadati hall B-C tersebut.

Waktu terus berlalu hingga kami tak sadar entah telah berapa lama kami menjelajah deretan stand yang menampilkan aneka produk daerah. Yang kami sadari adalah kepadatan pegunjung yang kian bertambah dari waktu ke waktu.

Dari stand DI Aceh kami berpindah ke stand Kalimantan Timur. Menyesuaikan dengan ciri khas yang dimilikinya, motif songket terlihat jelas menghiasi tampilan dari stand yang didirikannya.

Bagi yang hendak berburu aneka jenis songket yang menarik di sinilah tempatnya. Tinggal tawar menawar harga saja.

Untuk yang mau mencari cinderamata yang terbuat dari manik-manik, di sini pengunjung dimanjakan dengan aneka produk yang sangat menarik. Ada dompet, kopiah, gelang, kalung, dan banyak lagi bentuk produk yang dapat dipilih. So, tak usah jauh-jauh membelinya di Kalimantan Timur.

Perjalanan berlanjut ke Jawa Timur. Propinsi ini terlihat begitu antusias untuk memamerkan aneka produk yang dihasilkannya. Deretan gerai UKM nampak berjejer di sebuah blok yang dinamai Paviliun Jawa Timur.

Aneka kerajinan kulit berbentuk tas, dompet, sabuk, sepatu, sandal dan masih banyak lagi tampaknya menjadi serbuan dari para pengunjung. Produk-produk tersebut dipasarkan oleh sentra pengrajin atau UKM dari kawasan Tanggulangin yang terkenal itu.

Selain itu juga terdapat beberapa UKM yang menjual aneka produk mainan anak masa lalu.

Tak ketinggalan aneka jenis kerajinan yang menarik sebagai cinderamata hadir di sana.

Bagi yang suka mengoleksi kaligrafi, pengunjung dapat membelinya di blok ini. Mengenai harga, tentu saja cukup beragam tergantung ukuran dan coraknya.

Langkah kami kemudian berpindah ke Sumatera Selatan. Deretan stand yang dikelola oleh UKM binaan Pusri tampil di sana.

Di stand ini pengunjung dapat menikmati nikmatnya pempek yang langsung didatangkan dari Palembang.

Bagi penggemar krupuk ikan, di sinilah tempat yang pas untuk berbelanja karena aneka jenis krupuk ikan baik yang masih mentah maupun yang tinggal dikonsumsi ada semuanya.

Ditambah lagi beragam produk olahan lain khas Palembang juga hadir di sana. Ada rengginang, keripik, kacang, dll. Pokoknya tinggal milih mana yang disuka.

Hmm.. telah sedemikian banyak stand daerah yang kami kunjungi. Tapi sayang kami tak menemui stand dari daerah kami berasal. Saking penasarannya ngubek-ngubek hall tersebut tak terasa kami sampai di ujung area pameran produk daerah.

Area pameran komputer sudah terlihat di depan. Mesti tak ada rencana untuk membeli komputer, berhubung sudah di lokasi, akhirnya kamipun menyusuri tiap stand dari toko atau agen komputer untuk sekedar menambah wawasan mengenai trend produk dan harga pasarannya.

Hall B-C telah selesai kami jelajahi. Selanjutnya menuju hall-E. Kami penasaran apa yang ada di dalamnya.

Sebuah wahana semacam rumah hantu terlihat berlokasi di sana. Wahana tersebut menempati lantai atas dari hall tersebut. Tak sedikit dari para pengunjung yang membeli tiket untuk uji nyali tersebut.

Bagi kami mencari oleh-oleh di lantai dasar dari hall-E menjadi pilihan.

Beragam produk pakaian, pernak-pernik, sepatu, sandal dan tas memenuhi setiap jengkal area stand.

Di sana kami mendapati aneka kaos bertema PRJ atau kota Jakarta dijajakan di banyak stand. Tentu saja dengan kualitas dan harga yang bervariasi. Jadi mesti pinter-pinter memilah dan memilih🙂 ..

Seiring mulai pegalnya kaki, laparpun menyergap kami. Ke luar dari hall E, kami bisa dengan mudah menjumpai banyaknya gerai makanan.

Mulai yang fastfood ..

sampai yang tradisional Jakarta …

Seporsi pizza sepertinya nikmat untuk disantap di petang ini. Oleh karena itulah kami memutuskan untuk membelinya di salah satu gerai yang ada.

Sambil melahap perlahan pizza yang masih hangat, kami menatap sejauh mata memadang. Menjelang maghrib ini, suasana terasa kian semarak.

Kerak telor mungkin adalah salah satu dari sedikit identitas Jakarta tempo dulu (Betawi) yang tertinggal di tengah modernitas PRJ. Dan untunglah masih banyak yang menantikan kehadirannya di setiap even PRJ hingga hampir setiap tempat mangkalnya dijejali oleh para pembelinya. Sayang sekali lidah kami masih belum bisa menikmatinya ..🙂 ..

Pizza telah kami habiskan begitu pula dengan sebotol minuman teh dingin. Waktu maghrib masih sekitar 15 menit lagi. Setelah diskusi sejenak, kamipun melangkah untuk mencari tempat sholat sambil melihat-lihat suasana pameran di area pelataran.

Banyak stand berukuran besar berdiri di sana. Otomotif menjadi yang dominan.

Tak ketinggalan beberapa provider telekomunikasi juga hadir untuk menjemput calon pelanggan baru.

Bagi yang kelaparan, tak usah khawatir. Beragam stand dan gerai makanan tumpah ruah di sana.

Mantap kan .. hehehehe …

Dan untuk yang laper banget dan benar-benar ingin makan berat, area foodcourt disediakan di beberapa lokasi. Untuk menu cukup variatif namun harga .. ya tahu sendirilah ..🙂

Kami terus melangkah di antara ratusan ribu pengunjung. Memandang ke setiap arah, hanya lautan manusia yang ada. Apalagi di malam minggu seperti ini.

Sepertinya Panggung Utama menjadi arah tujuan mereka. Maklum saja setiap malam, selalu diadakan pertunjukan musik di sana.

Perjalanan kami berhenti sejenak di sebuah gedung yang ada di belakang panggung utama (dekat Gambir Expo). Waktu maghrib telah masuk saat kami berada di sana. Setelah sana-sini, kami mendapati ruangan atau space untuk sholat ada di atasnya. Kamipun lantas menuju ke sana.

Jangan bayangkan space yang luas. Tempat sholatnya hanyalah memanfaatkan ruang koridor yang ada. Dan untuk mengambil air wudlu, pengunjung mesti bersabar karena antriannya cukup panjang.

Entah karena kami yang tidak mengetahui lokasi tempat sholat yang representative, jadi kami bersama pengunjung yang lain bergantian menunaikan sholat berjamaah di tempat tersebut.

====================================================
photo by : deddy
====================================================

bersambung …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: