Posted by: deddyek | November 21, 2012

Soto Lamongan Cak Bondet

Soto merupakan salah satu kuliner yang cukup populer di negeri ini. Bentuknya yang berkuah dengan aneka ragam isi di dalamnya, menjadikannya suatu santapan yang sedap di saat kapanpun.

Hampir semua daerah di Indonesia, memiliki kuliner jenis ini. Tentu saja dengan berbagai variasi yang berbeda sebagai trade mark kekhasannya itu.

Penamaan itu biasanya disandarkan dengan nama daerah atau kota. Misalnya soto Lamongan, soto Bogor, soto Betawi, soto Surabaya, Coto Makassar, dll.

Namun jika anda sedang di Cepu, jangan coba untuk mencari Soto Cepu. Karena anda pasti tak akan menjumpainya.

Yang akan anda dapati justru beberapa warung atau kedai atau rumah makan yang menjajakan soto dari daerah lain. Salah satu soto yang cukup terkenal di Cepu, adalah Soto Lamongan Cak Bondet.

Entah sejak mulai kapan usaha tersebut dirintis, yang pasti depot soto itu mulai kami kenal sekitar 6-7 tahun yang lalu. Dan lokasinya kala itu masih sama dengan lokasi saat ini.

Bertempat di Jl. Diponegoro – Cepu, tepat di sebelah STM Migas atau di seberang Gedung SOS Sasono Suko, depot tersebut begitu mudahnya untuk dicari.

Menurut informasi yang kami dapatkan, kian hari depot soto ini kian ramai diserbu pengunjung. Hampir semua warga Cepu tahu tentangnya.

Saking larisnya, setidaknya 100 ekor ayam dalam sehari habis untuk daging soto. Dan sang pengelola, mesti harus memasak dua kali untuk disajikan.

Depot ini buka sekitar jam 10 pagi hingga malam hari. Sepertinya menjelang makan siang dan malam hari menjadi saat-saat padat akan pengunjungnya.

Pada saat-saat tersebut, penuhnya parkiran motor dan deretan kendaraan roda empat di pinggiran jalan, menjadi pemandangan yang biasa dijumpai.

Secara bentuk dan rasa, soto lamongan Cak Bondet tak berbeda dengan soto Lamongan lainnya. Kuahnya yang gurih, daging ayam yang empuk, bercampur dengan bihun dan beberapa potong sayuran plus koya, menjadi ciri khasnya.

Menu utamanya tentu saja Soto Ayam dan Soto Daging. Untuk urusanya harga, jelas terjangkau. Seporsi soto campur dihargai Rp. 8,000 saja.

Sebagai pelengkap, pengunjung bisa menikmati aneka lauk. Mulai dari sate-satean (sate usus, sate telor puyuh, dll) hingga beragam kerupuk.

Untuk minuman, ada es teh manis, es jeruk, minum dingin botol, dan beberapa lagi lainnya.

Jadi, bagi yang tengah berada di Cepu atau hendak ke Cepu, silahkan mampir di Depot ini.

Dan di suatu siang nan panas, tatkala Cepu dipenuhi para pemudiknya, kami sempatkan untuk kembali mencicipi nikmatnya soto Lamongan.

=======================================================
photo : by deddy
=======================================================


Responses

  1. terimakasih infonya, soto ini bener bener enak. sumpah ini recomended banget. aku dateng jauh jauh dari jogja ke cepu cuma karna pengen soto ini aja.
    sekarang ada soto daging yang gak kalah enak. pokoknya RECOMENDED BANGET lah !!

    • terima kasih telah icip2 kuliner di Cepu.

  2. saya baru tau ada soto terkenal di cepu. emm.. sbnrnya byk makanan asli cepu (tanpa embel2 lamongan, madura dll) spt sate kambing ayu di mbaru, lontong tahu bu sabar (dekat SMEA), sate ayam pak ngguk, pecel bu pomo, dan msh byk lagi. cuman kasih saran aja sih. krn msh terlalu byk kalo cuma mengulas makanan yg bukan asli cepu. anyway, nice review

  3. Mas deddyeng mna swaranya . . .
    Lam kenal deeecchhhhh mas deddyeng
    Cepunya dmn ?
    Ok bravo y

  4. soto n gado2 murni depan sinar jaya jg enak….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: