Posted by: deddyek | January 7, 2013

Depot Rahayu – Cepu

Siang-siang tatkala udara Cepu yang panas kian menyengat kulit dan rasa lapar serta haus bercampur jadi satu, menyeruput semangkuk es campur atau es teler sepertinya terasa begitu nikmat.

Di kota Cepu, tempat di mana saat itu kami tengah berada di sana, banyak dijumpai depot-depot yang menjual minuman segar seperti itu. Namun, depot yang akan kami ulas ini merupakan depot makanan yang dapat dikatakan legendaris di kota Cepu dan sekitarnya.

Hal itu tak lepas dari sudah berpuluh-puluh tahun keberadaan depot tersebut hadir untuk melayani kebutuhan kuliner warga Cepu. Pun demikian bagi kami. Semenjak kami kecil, dan sebelum mulai ramainya bisnis kuliner di Cepu, depot tersebut selalu menjadi pilihan utama.

Depot tersebut bernama Depot Rahayu yang berlokasi di Jl. RSU Cepu. Tepatnya di samping Telkom Cepu. Oleh karena itu tidak sedikit warga yang menyebutnya sebagai Bakso Telkom atau Es Telkom.

Dalam liburan Idul Fitri kami tahun lalu, kami sempatkan untuk singgah menikmati kuliner yang ada di depot tersebut.

Dan hari itu selepas dzuhur, bersamaan dengan kian panasnya udara kota Cepu, kami telah berada di depan depot tersebut. Meski terpaan panas siang itu begitu menyengat, depot tersebut masih tetap ramai dengan pengunjungnya.

Memasuki halaman dari depot tersebut, kami mendapati bentuk fisik bangunan yang nyaris tak berubah dari dulunya. Hanya penataan meja yang lebih rapi dan ditampilkannya daftar menu di dinding untuk memudahkan pengunjung untuk mencari tempat dan memesan.

Laksana restoran cepat saji, kecepatan pelayanan menjadi nilai lebih dari depot semacam ini. Tak perlu lama menunggu, semua pesanan akan dengan segera datang di meja.

Siang itu kami memesan bakso daging, bakso urat, es campur dan es teler.

Di depot ini memiliki beberapa varian menu bakso dan mie ayam. Begitu pula dengan jenis minumannya. Untuk detil menu-menu yang disajikan termasuk harganya, bisa dilihat di daftar menu seperti di bawah.

Sama seperti depot-depot bakso atau es pada umumnya. Suasana gerah akan menemani sepanjang siang itu. Kipas angin yang berputar kencang di langit-langit seakan tak sanggup untuk menahan peluh atau keringat yang bercucuran.

Namun itu tak mengurangi nikmatnya menyantap makanan dan minuman tersebut. Sama sepeti fisik bangunannya, cita rasa dari bakso dan es campur/es telernya pun masih tetap sama seperti dulu kala. Bakso yang tidak begitu kenyal dan kuah kaldu yang gurih, begitu pas dilidah. Begitu pula dengan es campur atau es telernya. Dengan beragam isi di dalamnya, semuanya terasa menyegarkan.

Dengan cita rasa seperti itu, untuk ukuran menu dengan harga yang begitu terjangkau, tidaklah salah jika depot ini tetap menjadi pilihan bagi warga Cepu dan sekitarnya untuk singgah menikmati kuliner yang disajikannya.

=======================================================
photo : by deddy
=======================================================


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: