Posted by: deddyek | May 23, 2013

Wisata Malang-Batu-Bromo (Bagian-2) : Menikmati Jatim Park 2

Jawa Timur Park 2 begitulah nama obyek wisata yang menjadi ikon dari Kota Wisata Batu dan juga propinsi Jawa Timur. Beroperasi sejak 2008 untuk mengikuti jejak kesuksesan dari obyek wisata Jawa Timur Park 1 yang telah hadir sebelumnya. Jika Jatim Park 1 menawarkan beragam petualangan yang menyenangkan melalui wahana-wahana permainannya, maka di Jatim Park 2 yang ditawarkan adalah lebih ke faktor edukasi bagi pengunjung melalui kehadiran beragam satwa unik yang ada di dalamnya serta pengetahuan alam.

***********************************************

Sekitar 40 menit waktu yang ditempuh dengan taksi dari Stasiun Malang Kota Baru hingga ke Hotel Surya Indah di kota Batu. Tak banyak hambatan yang hadir di jalan kecuali antrian kendaraan di beberapa lampu merah.

09 Mei 2013 menjelang pukul 12:00 kami sampai di hotel. Setelah membayar biaya taksi sejumlah Rp. 70,000 selanjutnya kami segera menurunkan barang bawaan dan masuk ke dalam hotel untuk check-in.

Hotel Surya Indah ini menerapkan pembayaran di muka sewaktu pemesanan. Jadi sebelum berangkat ke Malang, kami telah memesan kamar hotel dan membayarnya dengan cara transfer. Untuk sebuah kamar bertipe Superior yang kami pesan ini dikenakan tarif Rp. 480,000 per malam. Cukup mahal memang. Namun, begitulah tarif hotel-hotel yang berada di sekitar pusat wisata di Batu yang relatif cukup mahal.

Setelah mendapatkan kunci, kami segera menuju kamar yang dipesan. Bagi kami tak ada yang istimewa dari kamar type Superior ini. Hanya fasilitas standard seperti tempat tidur King Size yang lumayan. Sedangkan untuk kamar mandi menurut kami kurang. Oh ya kebanyakan hotel di Batu tidak melengkapi ruang kamar dengan fasilitas AC. Dan bagi kami itu tak masalah selama air hangatnya bisa digunakan setiap saat. Nah, yang ini merupakan kekurangan dari hotel ini. Ada jam-jam tertentu untuk menggunakan air hangat. Di luar jam tersebut mesti lapor dulu ke resepsionis. Seperti kami siang itu. Dan untuk membuat air hangat siap memancar melalui shower, dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga 15 menit. Waduh …

Mandi air hangat setelah menempuh perjalanan jauh sungguh terasa menyegarkan. Begitu yang kami rasakan.

Sebelum memulai jalan-jalan di Batu, kami tunaikan sholat dzuhur dan ashar dengan cara di jamak terlebih dahulu.

Keunggulan dari hotel ini adalah dekat dengan dua obyek wisata terkenal di Batu yaitu Jatim Park 2 dan Batu Night Spectacular.

Pukul 12:45 kami telah berada di jalan Oro-Oro Ombo yang berada di depan hotel. Kami hendak mencegat angkutan kota yang melewati Jatim Park 2.

Tak begitu banyak angkot yang lewat di jalan tersebut. Kesabaran kami menantipun terbayarkan dengan datangnya angkot. Langsung saja kami masuk ke dalamnya dan melajulah angkot tersebut menuju tujuannya.

Tak sampai 10 menit, sampailah angkot di depan Jatim Park 2 dan di sanalah kami turun. Cukup Rp. 5,000 tarif berdua dari hotel menuju lokasi.

OK …. Jatim Park 2 sudah di depan mata kami. Setidaknya ada tiga sampai empat bangunan utama terlihat dari jalan. Melihat ramainya kendaraan yang memasuki obyek wisata tersebut berarti pengunjung hari itu tentunya bakalan ramai membludak.

Jatim Park 2 ini merupakan obyek wisata yang paling diminati oleh mereka yang berkunjung ke Malang dan Batu. Semenjak diresmikan pada tahun 2008 oleh Presiden SBY, obyek wisata ini selalu dipenuhi oleh wisatawan baik lokal maupun internasional, terutama di saat-saat akhir pekan nan panjang.

Setidaknya ada empat spot yang bisa dinikmati di Jatim Park 2 yaitu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park dan tentu saja penginapannya yang terkenal, Pohon-Inn.

Sebelum memulai petualangan di Jatim Park 2, kami mesti menyiapkan tenaga yang cukup. Untuk itu, kami segera mencari tempat makan di sana. Yang kami tuju siang itu adalah Jungle Food Restaurant yang ada di Pohon Inn.

Jungle Food Restaurant adalah sebuah restoran yang menawarkan suasana hutan kepada pengunjungnya. Dari pintu masuk hingga ke bagian dalam dihiasi dengan replika pepohonan hutan. Daun-daun yang tumbuh lebat menghias pada langit-langitnya.

Beberapa model binatang seperti harimau, panda, ular, gajah, burung serta potongan-potongan kepala hewan bertanduk dipajang di sana.

Terdapat beberapa menu makanan yang ada di sini. Pengunjung bisa memilih sesuai seleranya. Untuk membeli makanan, pengunjung mesti memasuki area antrian. Pelayan restoran akan mengambilkan menu apa saja yang kita inginkan. Kemudian terus bergerak hingga sampai di kasir. Dan di sanalah pengunjung menyelesaikan pembayaran. Rata-rata makanan di sana dihargai sekitar Rp. 25,000 per porsinya.

Setelah mengambil makanan, pengunjung bisa memilih hendak duduk di mana saja. Mau tempat yang standard dengan meja kursi yang statis seperti biasanya ..

Atau mau yang bisa berputar mengelilingi ruangan.

Nah, siang itu kami duduk di meja pilihan yang kedua itu. Dengan duduk di lokasi itu, kami berharap bisa menikmati makan sambil melihat-lihat beberapa jenis hewan yang ada di balik kaca seperti leopard, antilop, dll. Ah.. sayangnya saat itu, hewan-hewan tersebut tengah beristirahat.

Dan inilah menu kami siang itu. Nasi goreng plus capcai serta udang tepung. Untuk minuman cukup teh manis hangat saja.

Alhamdulillah, kami menikmati makan siang tersebut. Tak mau berlama-lama di sana, kami langsung cabut untuk menjelajah Jatim Park 2.

Tiket masuk ke Jatim Park 2 dijual di loket yang letaknya di samping Pohon-Inn.

Beruntunglah kami ketika sampai di loket, tak ada antrian yang berarti. Berbeda saat pada saat kami datang tadi yang penuh dengan antrian pengunjung.

Siang itu kami membeli tiket paket terusan Secret Zoo dan Museum Satwa seharga Rp. 90,000 per orang. Selain paket tersebut terdapat beberapa paket lainnya seperti di bawah ini.

Dan yang pertama kami kunjungi adalah Secret Zoo.