Posted by: deddyek | May 24, 2013

Wisata Malang-Batu-Bromo (Bagian-3) : Mengenal Satwa di Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang modern yang menampilkan beragam hewan unik dan langka yang jarang bahkan tidak ditemui di semua kebun binatang lainnya di negeri ini. Beragam satwa unik dan langka yang berasal di dalam dan luar negeri dihadirkan untuk memberikan pengetahuan akan dunia satwa kepada para pengunjungnya. Jadi obyek wisata cocok banget untuk semua kalangan terutama pelajar.

Dibuka pertama kali pada June 2010, obyek wisata yang digelar di atas tanah seluas 12 hektar selalu menjadi tujuan favorit dari para wisatawan. Dan wajib dimasukkan ke dalam itenerary bagi mereka yang hendak pelesiran ke Malang dan sekitarnya.

Dan siang itu, setelah energi terisi penuh, kami mulai jalan-jalan kami di Batu Secret Zoo.

Sebuah bangunan beratap merah bertuliskan Batu Secret Zoo merupakan pintu masuk untuk menuju ke dalam obyek wisata ini. Di sana pemeriksaan tiket akan dilakukan ke setiap pengunjung.

**
     

Untuk pengunjung yang membeli tiket terusan seperti kami, gelang kertas akan dipasangkan pada tangannya sebagai tanda pengganti tiket tatkala masuk ke Museum Satwa nantinya.

Setelah melewati pemeriksaan tiket, bersama para pengunjung lainnya kami lantas bergerak.

Seperti hendak menyampaikan ucapan selamat datang, seekor Nutria atau Tikus Raksasa yang berasal dari Amerika Selatan serta Iguana menyambut para pengunjung.

**
     

Dengan area yang begitu luas, pengelola menyediakan panduan berupa papan peta yang besar untuk menunjukkan lokasi terkini dari pengunjung.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan jalan-jalan di obyek wisata ini sekitar 2 jam. Lumayan pegel pokoknya hehehehe.

Namun, bagi yang tidak mau bercapek-capek, pengelola telah menyediakan E-Bike yaitu semacam sepeda listrik yang dapat digunakan untuk menyusuri semua area di kebun binatang ini. Tarifnya Rp. 100,000 per tiga jam.

**
     

Selain bagi mereka yang memang membutuhkan, rasanya tak asyik jika tidak dengan jalan kaki. Mengapa? Selain karena bisa bebas bergerak dalam mengamati satu persatu satwa yang ada, kami juga bisa photo-photo dengan mudah.

Kebun binatang ini ditata sedemikian rupa sehingga para pengunjung diusahakan bergerak ke satu arah yaitu mengalir dari pintu masuk menuju pintu keluar. Sehingga bertumpukan antar pengunjung karena dua alur yang bertemu sebagaimana di kebun binatang lainnya bisa dicegah. Meski perjalanan dibuat satu arah, pengunjung dapat melihat-lihat hampir semua satwa yang ada di dalamnya. Keren dan tertata sehingga pantas disebut sebagai kebun binatang modern.

**
     
**
     

Karena jalan kaki selama dua jam itu pasti melelahkan, untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung, pengelola juga menyediakan area tempat istirahat yang biasanya ditempatkan di perbatasan antara dua zona yang berbeda. Di sana terdapat meja kursi yang tertata dengan rapi. Tak ketinggalan pula tentunya tempat penjualan makanan dan minuman serta toilet.

**
     

Kami terus melangkah perlahan menyusuri rute yang disediakan. Jalur yang bersih dan aman benar-benar menjadikan pengunjung nyaman berada di sana. Selain kenyamanan, pengunjung juga mendapatkan informasi-informasi yang memadai baik berupa peta, petunjuk arah dan papan informasi.

Dan untuk memperkenalkan setiap satwa yang ada di sana, kami dan pengunjung lainnya bisa dengan mudah mendapati pada papan informasi yang diletakkan di sekitar kandang satwa. Mulai dari nama umum satwa tersebut, nama latin, penyebaran, habitat, makanan, reproduksi, status konservasi, dan lain-lain. Informatif bukan ? ..

Untuk memudahkan pengunjung dalam melihat-lihat satwa yang ada, dibuatlah beberapa zona area wisata yang di dalamya terdapat zona kelompok satwa.

BATU SECRET ZOO A

Itulah nama zona yang pertama kali kami masuki. Di zona wisata ini terdapat beberapa zona kelompok satwa. Siang itu, dengan antusias kami melihat-lihat satu demi satu satwa unik dan langka yang ada di sana. Dan untuk memudahkan dalam menampilkan informasi jenis satwa, kami akan mencoba untuk membaginya dalam beberapa kelompok. Diantaranya :

Kelompok Lemur

Satwa jenis ini cukup terkenal terutama karena ia muncul sebagai salah satu tokoh dalam film Madagaskar. Terdapat beberapa jenis lemur yang ada di Secret Zoo ini, dan yang paling menarik perhatian adalah Flying Lemur. Di tempatkan pada kandang yang dikelilingi kaca serta dilengkapi dengan aneka benda yang ada di dalamnya, kelincahannya meloncat ke sana ke mari, membuat gemas para pengunjung.

**
     

Meski masih diperdebatkan bahwa kedua satwa berikut masuk ke dalam kelompok lemur atau bukan, yang pasti kehadirannya membuat kami mengerti kalau inilah bentuk asli dari satwa langka tersebut. Kedua satwa itu adalah Kuskus Beruang yang berasal dari Indonesia dan Coatimundi yang berasal di Amerika.

**
     

Satwa-satwa ini kami lihat tak jauh dari pintu masuk. Beberapa lemur yang lain kami temui di tengah-tengah perjalanan selanjutnya. Di antaranya :

Black and White Ruffed Lemur
(Madagaskar)

Kelompok Primata

Kelompok satwa ini cukup banyak jenisnya. Nah, di Secret Zoo ini kami mendapati banyak primata-primata unik. Mereka dikandangkan pada beberapa tempat yang dikelilingi dinding kawat. Hal ini tentu saja untuk menjaga para pengunjung dari gigitan atau cakaran satwa ini.

Beberapa jenis primata yang kami lihat di antaranya :

**
Squirrel Monkey

(Amerika Selatan dan Amerika Tengah)

  Lion-tailed Macaque

(India)

     
**
Cottontop Tamarine

(Colombia)

  Ungko Agile Gibbon

(Indonesia/Malaysia/Thailand)

     

Nah primata jenis ini nih yang menjadi primadona bagi pengunjung hehehe. Hal itu tak lain karena suaranya yang kencang seolah-olah memanggil pengunjung. Dari jarak yang cukup jauh sudah terdengar kerasnya suara primata ini. Kalau tak percaya, coba saja ke sana hehehe ..🙂.

Selain itu masih ada :

**
Patas Monkey

(Afrika)

  Black Tufted-Ear Mermoset

(Brazil)

     

Karenanya cukup banyaknya jenis primata yang dihadirkan di Secret Zoo, beberapa jenis primata lainnya ditempatkan pada lokasi-lokasi berbeda. Mungkin dimaksudnya supaya pengunjung tidak bosan melihat satwa jenis itu saja di satu area.

Beberapa jenis primata tersebut di antaranya :

**
Owa Kalimantan

(Indonesia)

  Lack-Crested Mangabey

(Afrika)

     
**
Wolf Mona Monkey

(Afrika)

  Mandrill

(Afrika Selatan)

     

Kelompok Satwa Dari Oceania

Di sini terdapat beberapa satwa yang menjadi ikon dari wilayah Oceania seperti Papua New Guinea, Australia dan Selandia Baru. Di antaranya Bennet Wallaby Albino dari Australia. Nah, lucunya hewan ini kandangnya disatukan dengan Kura-Kura Sulcata dari Afrika.

**
Bennet Wallaby Albino

(Australia)

  Kura-Kura Sulcata

(Afrika)

     

Selain itu terdapat pula :

**
Red Kangaroo

(Australia)

  Dwarf Cassowary

(Papua New Guinea)

     

Kelompok Satwa Reptilia

Ada beberapa jenis reptil yang dihadirkan di sini mulai dari jenis kura-kura, ular hingga buaya.

Untuk kura-kura di sini ada rajanya. Ukurannya cukup besar bahkan bisa sampai 300 kg. Sedangkan hidupnya bisa lebih dari 100 tahun. Namanya Kura-Kura Raksasa Aldabra yang berasal dari Pulau Aldabra di Samudra India. Yang dari negeri sendiri diwakili oleh Bornoe River Turtle.

**
Kura-Kura Raksasa Aldabra   Bornoe River Turtle
     

Buaya monyong yang memiliki habitat di Asia Tenggara juga di sini. Tak ketinggalan pula terdapat Water Monitor. Yaitu satwa sejenis kadal yang hidup di kawasan Asia Timur.

**
Buaya Monyong   Water Monitor
     

Beragam jenis ular juga dikoleksi oleh kebun binatang ini seperti White Phyton dan Tiger Phyton.

**
White Phyton   Tiger Phyton
     

Di lantai dasar dari Batu Secret Zoo A ini, tepatnya di belakang tempat istirahat, terdapat ruangan yang disebut Reptil Garden. Nah di sanalah terdapat begitu banyak jenis ular yang diletakkan di dalam kandang yang terbuat dari kaca.

**
     
**
     

Kelompok Satwa Yang Hidup di Rawa dan Perairan

Ada beberapa hewan yang memang habitanya di rawa yang ditempatkan di kebun binatang ini. Di antaranya :

**
Capybara

(Amerika Selatan)

  Kuda Nil Kerdil / Pygmy Hippo

(Liberia)

     
**
Sitatunga

(Afrika)

  Brown Nutria

(Amerika Selatan)

     

Kelompok Satwa Yang Hidup di Hutan dan Padang Rumput

Koleksi satwa yang memiliki habitat di hutan dan padang rumput yang dimiliki kebun binatang ini di antaranya :

**
Mara Patagonia

(Argentina)

  Landak Jawa

(Indonesia)

     
**
Prairie Dog

(Amerika Serikat)

  Alpaka

(Amerika Selatan)

     

Kelompok Satwa Unggas yang Unik dan Langka

Beberapa unggas yang didatangkan dari negara-negara asal, terlihat menempati kandang yang berbeda-beda, disesuaikan dengan habitat unggasnya.

Berikut ini unggas yang unik dan langka yang menjadi koleksi dari kebun binatang ini :

**
Victoria Crowned Pigeon

(Papua New Guinea)

  Merak Biru

(Asia Tengah)

     
**
Demoisselle Crane

(Asia dan Afrika)

  Burung Emu

(Australia)

     

Hmmmmm… banyak bukan koleksinya. Dan tentunya menarik-menarikkan ? heheheh .. Dan sebagai penutupnya, para pengunjung bisa berphoto dengan beberapa burung yang ada di sana. Seperti burung ini nih ..

**
     

Nah, kalau yang punya nyali, silahkan berphoto dengan satwa ini. Pasti keren …

Dan akhirnya selesai sudah menjelajah zona ini. Berhubung perjalanan masih jauh, kami beristirahat dulu sejenak di tempat yang disediakan sambil menikmati air minum dan makanan ringan yang kami bawa.

Dan karena cerita di Secret Zoo masih cukup panjang, jadi tulisan ini kami cukup di sini dulu dan bersambung di postingan selanjutnya.

====================================================
photo by : deddy
====================================================

bersambung …


Responses

  1. Ada tempat wisata menarik juga di kawah ijen, layak untuk di kunjungi juga loh..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: