Posted by: deddyek | April 1, 2010

Sekilas Sejarah Kota Cepu

Cepu (“tjepoe”) adalah sebuah kota kecamatan yang berada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kota ini menjadi perbatasan antara Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan Sungai Bengawan Solo sebagai pemisahnya.

Asal muasal nama kota Cepu sendiri tidak banyak diketahui. Begitu juga kapan tepatnya kota ini didirikan. Keterangan asal muasal nama kota Cepu lebih banyak berdasarkan legenda rakyat di antaranya :

konon pernah terjadi penyerangan yang dilakukan oleh Adipati Cepu kepada Raden Brawijaya dari Majapahit. Penyerangan ini dilakukan setelah runtuhnya Majapahit dan berdirinya kerajaan Demak. Dalam penyerangan ini, Adipati Cepu berhasil memaksa Raden Brawijaya untuk melarikan diri ke Gunung Lawu.
   
konon juga kata Cepu berasal dari senjata Adipati Tedjo Bendoro (dari Tuban) yang berupa pusaka kecil bernama Cempulungi. Dulu konon terjadi peperangan antara Adipati Tuban yaitu Tedjo Bendoro dengan Adipati Bojonegoro dari Bojonegoro. Peperangan itu dimenangkan oleh Adipati Tuban. Oleh karena itu semua apa yang dimiliki Adipati Bojonegoro seperti kekayaan dan putri-putrinya harus diserahkan. Termasuk putri tercantik yang nernama Retno Sari. Akan tetapi karena ia keberatan, maka ia melarikan diri. Nah.. dalam pengejaran tersebut Sang Adipati Tuban melepaskan pusakan andalannya itu dan tepat menancap di paha (pupu) sang putri.
 
dan beberapa legenda yang lain seperti perebutan Putri Dumilah dari Madiun serta pertarungan antara Jipang Panolan dan Pajang.

 

Well, sepertinya memang tidak atau belum ada literatur sejarah yang menyinggung tentang keberadaan kota ini, kecuali setelah masuknya penjajahan Belanda di Nusantara, yaitu dengan keberadaan sumur minyak pertama di negeri ini.

Semoga kelak akan ada sejarahwan yang lahir dari kota ini yang mencoba meluangkan waktu untuk mencari jawabnya.

…………………………….

Di Cepu, nama Ronggolawe adalah nama yang sangat terkenal. Nama itu dijadikan sebagai nama jalan utama, nama lapangan, nama sekolah tinggi dan juga nama monumen patung kuda yang menjadi ikon kota ini. Ronggolawe di sini merupakan nama dari Divisi Tentara Republik Indonesia yang dipimpin oleh GPH Dipokusumo pada saat menumpas pelarian eks. PKI Madiun di kota ini.

(disarikan dari berbagai sumber)

===============================================
photo by : deddy
===============================================


Responses

  1. P E R T A M A X X X . . . . .
    pohonnya besar tapi kok kayaknya suasananya panas ya…

  2. ada yang bilang CEPU berarti “Cepitane Pupu”..kiro2 begitu yha

    • hehehe bisa aja mas..🙂

      • betul2…………………

  3. kok ceritnya membingungkan ya, asal mula kota cepu aku denger n coba tanyake paman2 aku justu ada yang bilang bahwa yang meninggal kea anak panah dipupu itu adalah aryo penangsang,bukti yang lebih falit lgi di cepu ada makamnya n patilasanya,……….

    • hehehe iya .. ada beberapa versi. dan masing-masing versi hanya berdasar mitos atau legenda. Tanpa ada bukti sejarah yang konkrit…🙂 .. semoga suatu hari ada warga cepu yang tertarik untuk meneliti sejarah kotanya ….🙂

  4. cepu iku cepu,.lek di walek upec,.dlm bhsa sansekerta ucep artinya cepok,.brarti cepu berasal dari adipati cepu cepokan karo jaran ng tugu,.jadilah CEPU,.

    • loe klo GK suka CEPU ya gk usah bnyak COMENT
      bacot aja LO coba kota LO di hina kayak git gmna PRASAAN loE ha..????
      dasar BAJINGAN

    • ,,soo gua hrus blang “wau” gtu:-q

    • santai bang gk usah hina cepu

    • ga usah hina cepu mas…nanti loe repot sendiri

  5. bang,, artikelnya bagus di pke buat refrensi…

  6. pengen deh nyoba jalan ke cepu, tapi bingung tempat wisatanya apa aja ya ???

    kasih info donk ….

    • tidak banyak tempat wisata di cepu. kalo pun ada hanya : loko wisata (naik kereta uap keliling hutan di cepu .. itupun mesti rombongan).
      cepu hanyalah kota kecamatan jadi gak luas wilayahnya. untuk kabupaten blora memang terdapat beberapa tempat tujuan wisata namun sayangnya kurang dikelola dengan baik.

  7. menurut konon,cepu itu jg berasal dari nama ratu yg bernama CUPU ARUM…..iya atau tidak kami pun jg tdk tau…..

    • hehehe karena gak ada catatan resmi sejarahnya dan hanya bersumber dari konon, jadi semua kemungkinan bisa pak🙂 ..

  8. Alla mak, jangan menambah-nambah menjadi ruwet, kota cepu memang luar biasa, maka banyak versi yang muncul, maka sebaiknya kita mencari jawaban yang tepat. Cerita yang di unggah itu betul. Kalau ada tambahan dari pengunjung bahwa, ario penangsang ikut andil dalam sejarah kota cepu, itu benar tetapi tidak tepat. Kota cepu dikala itu menjadi pesanggrahan ario penangsang ketika dia mengadakan pembrotakan pada demak, cuma memang membingungkan karena ario penangsang dari solo, sedangkan tujuannya itu demak. Sedang cerita yg diunggah, itu sangat melegenda, sebab paguyuban ketoprak sering kali membawakan cerita itu.

  9. TAMAN 1000 LAMPU YANG NYALA KOK TINGGAL DUA BIJI GMN TUH ………..

    • hehehe iya .. sepertinya kurang perawatannya ..🙂

  10. Hehehehe… Banyak benget informasi tentang kota cepu yang di Post…?????
    Aku sendiri yang dari cepu sendiri aja belum tau asal-usul kota cepu….
    Maklum gak begitu tau sejarahnya.
    kalo Ke cepu lagi aku diajak jalan-jalannya ya… hehehe…

  11. .,kok tjepu skarang sdah gc prnah hujan ea:-)

  12. ,,koq kota tjepu skarang gk prnah hujan ea.???

    • mungkin bulan-bulan november – desember kali ya ..🙂
      kasihan juga sih, air sudah mulai kering di mana2 ..

  13. makasih tuk sedit informasinya

  14. kalau pingin tau sejarah kota cepu dan sekitarnya,monggo kulo aturi pinarak di sanggar padepoan kaki tunggul wulung,dibelakang sma pgri cepu tukbuntung.disitu tempat berkumpulnya para sesepuh2 kota cepu,anda bisa mendapatkan informasi sejarah cepu dan sekitarnya kepada beliau2 disana.maturnuwun sekedar info dri saya bocah padangan pinggir bengawan.salam rahayu

    • matur nuwun informasinya mas.

  15. Di cepu gw dibesarin sama kakek gw. Ngga bakal gw lupain jack.

  16. sesama org2 Cepu/yg lahir di Cepu jgn ribut2/brantem,kita hrs tunjukkan persatuan sbg warga CEPU (Kota Minyak) tercinta ini.

    • Setuju mas.🙂

  17. dari Cepu yg bkin sya kangen adalah Nasi Pecel,apalagi klo mlm tiba kita bsa menikmati nasi pecelnya mbah Mbelut. Dlm hitungan jam nasi pecel ludes tak berbekas,makannya bsa pkai piring/daun pisang dgn daun jati. Sungguh uuenaakk teenaaaan…silahkan mencoba jika Anda kbetulan lwat kota Cepu & menginap. Jgn kuatir di Cepu bnyak penginapan,losmen,dr hotel tak berbintang smpe hotel bintang 5 pun ada…

  18. banyak kejadiaan budaya dan aksi heroik para senopati yang membuat bangga anak turunnya,mudah mudahan bisa jadi contoh buat orang cepu dan bangsa INDONESIA.

  19. dimana hotel bintang 5 Cepu..?
    kasih tau dong…!

  20. kangen…pengen muleh neng cepu

  21. hotel atau penginapan yang murah di cepu yang pas dengan kantong mahasiswa dan deket sm pusdiklat migas kira2 dimana ya? trmksh infonya

  22. taekkk wong cepu niru wong tuban

  23. taekkk wong cepu niru ronggolawe tuban😛

  24. CEPU Central Eksploration Production Unit -Java Cental
    Hindie-Belanda
    karena minyak di temukan di masa penjajahan belanda dan sebagai pusat
    old oil wells (sumur minyak tua ) scara manual di zaman penjajahan

  25. Wah udah lama ga ke CEPU, gw jga kecil” di cepu, sebelah mustika plaza … hahahah keren dah cepu, makanannya murah”🙂

  26. Eine kostenlose aber ausgereifte und professionelle Handelsapplikation ist im Währungshandel gegenwärtig die Regel
    denn die Ausnahme und auch die kostenlose Bereitstellung der Nachrichten aus den namhaften Newstickern von Reuters,
    ZDF Nachrichten und Co. können Investoren bei fast allen FXbrokern voraussetzen.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: