Posted by: deddyek | May 27, 2013

Wisata Malang-Batu-Bromo (Bagian-4) : Meneruskan Langkah di Batu Secret Zoo

Karena begitu luasnya kebun binatang modern ini, maka kami mesti istirahat sejenak di beberapa tempat istirahat. Dalam tulisan lanjutan ini, kami hendak ceritakan beberapa zona lainnya yang ada di Secret Zoo seperti Aquarium, Savanah, Safari Farm, Fantasy Land, dll.

AQUARIUM

Alur rute yang kami tempuhi membawa kami sampai ke zona ini. Sesuai dengan namanya di sini kami disuguhi koleksi bermacam-macam ikan baik tawar maupun laut. Jika pada zona Batu Secret Zoo A berada di outdoor, untuk zona ini ditampilkan di indoor.

**
     

Meski indoor tetap saja nyaman dan tidak gerah, karena ruangan tersebut sepertinya dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara. Ditambah dengan penerangan yang minimal semua itu membuat ruangannya tetap sejuk. Oh ya, untuk pengambilan gambar di zona ini, pengunjung dilarang untuk menyalakan blits.

**
     

Di zona ini, koleksi satwa airnya di tempatkan pada bermacam ukuran aquarium. Sirkulasi air yang cukup bagus pada aquarium membuat pengunjung dapat menyaksikan keindahan satwa-satwa air yang ada dengan jelas.

**
     

Sebagaimana di zona sebelumnya, untuk memberikan informasi yang jelas tentang masing-masing satwa air yang dikoleksi, dipasanglah papan informasi di sana yang menjelaskan tentang nama, asal dan keterangan lain dari spesies yang ada.

Berikut ini beberapa koleksi dari satwa air yang sempat kami saksikan di sana. Kami coba kelompokkan dalam beberapa kategori supaya mudah untuk menampilkannya.

Satwa Air yang Hidup di Air Tawar

Cukup banyak koleksi satwa air berhabitat air tawar yang ada di sini. Asalnyapun dari berbagai negara atau wilayah. Di antaranya :

**
Ikan Pari Tiger Ray

(Peru)

  Ikan Pari Polkadot Stingray

(Amerika Selatan)

     
**
Ikan Oscar

(Amerika Selatan)

  Ikan Banded Bichir

(Kongo)

     
**
Belut Listrik / Electric Eel

(Sungai Amazon & Amerika Selatan)

  Ikan Discus

(Sungai Amazon)

     
**
Ikan Giant Redfin Gourame

(Kalimantan)

  Ikan Silver Linglung

(Asia & Afrika)

     

Satwa Air yang Hidup di Air Laut

Tak mau kalah dengan koleksi satwa air di atas, koleksi satwa air yang hidup di laut juga cukup banyak. Para pecinta ikan hias tentunya akan dipuaskan dengan hadirnya koleksi yang begitu beragam.

Berasal dari berbagai negara atau wilayah di dunia, satwa-satwa ini ditempat pada aquarium yang lingkungannya dibuat sesuai dengan aslinya.

Berikut beberapa koleksi yang sempat kami abadikan :

**
Ikan Tailbar Lionfish

(India)

  Ikan Blacktip-Reef Shark

(Indo-Pacific)

     
**
Ikan Banggai Cardinalfish

(Kepulauan Banggai)

  Ikan Blue Tang

(Indo-Pacific)

     

Satwa Air Selain Ikan

Selain ikan terdapat beberapa jenis satwa air yang dikoleksi di ruangan ini seperti buaya, kepiting dan green see turtle.

**
     

Nah selain satwa-satwa air terdapat pula beberapa satwa non air yang hadir di sini seperti burung hantu, musang luwak dan kinkajou (berasal dari Amerika Selatan).

**
     

KOLEKSI BELALANG DAN SEJENISNYA

Tujuan berikut setelah keluar dari zona Aquarium adalah Savannah. Nah dalam perjalanan menuju ke Savannah, kami mendapati beragam koleksi dari aneka jenis belalang. Koleks-koleksi satwa tersebut ditampilkan dalam lemari-lemari kaca berukuran kecil sepanjang jalur keluar dari zona Aquarium.

**
     
**
     

KUCING-KUCING TERBESAR DARI AMERIKA

Selanjutnya kami mendapati koleksi salah tiga dari jenis kucing besar dari Amerika dan Afrika yaitu Jaguar/Panther, Puma dan Leopard. Ketiganya ditempatkan pada kandang kawat besi yang sangat terjaga.

**
     

SAVANNAH

Akhirnya sampailah juga kami di zona Savannah. Di sana kami sempatkan istirahat sejenak sambil menikmati minuman dan makanan yang kami bawa.

Sambil menikmati waktu istirahat, kami disuguhi keindahan unggas khas dari Amerika Latin yang ditempatkan tak jauh dari lokasi ini.

**
     

Hewan tersebut adalah Flamingo.

Setelah istirahat, kami segera melanjutkan langkah menuju pusat koleksi dari zona ini. Di sini, koleksinya berupa hewan-hewan yang memiliki habitat di padang rumput, sehingga mereka ditempatkan di areal yang terbuka.’

Untuk menikmati koleksi satwa yang ada, dibuatlah oleh pengelola suatu bangunan berdindingkan kaca yang membelah areal habitat satwa tersebut. Sehingga para pengunjung dapat dengan nyaman dan aman saat melihat koleksi satwa yang ada.

**
     

Pada area di sisi kiri dan kanan, kami mendapati beberapa satwa yang unik-unik. Yang tentu saja sebagian besar mereka berasal di luar negeri. Beberapa di antaranya kami sempat abadikan seperti berikut ini :

**
Zebra

(Daratan Afrika)

  Nyala

(Afrika Selatan)

     
**
Oryx

(Senegal)

  Gembsbok

(Afrika Selatan)

     
**
Wildebist

(Kenya)

  Waterbuck

(Afrika Selatan)

     

Sable Antelope (Zimbabwe)

PASAR AFRIKA DAN GAJAH

Akhir dari jalur zona Savannah ini, membawa kami sampai ke zone Kampung Afrika dan Gajah.

Menyesuaikan dengan namanya, beberapa bangunan khas Afrika dihadirkan di sini. Begitu juga dengan beberapa ikon Afrika seperti patung dan replika satwa khas Afrika.

**
     

Beberapa satwa kecil seperti mirkat, marmut, kelinci, dan lain-lain ditampilkan di sana.

Untuk menghemat waktu, kami hanya sekilas melihat Pasar Afrika ini dan langsung menuju ke lokasi di mana Gajah Asia berada. Langsung saja seekor Gajah terlihat tengah berkeliling di sana sambil mengayun-ayunkan belalainya. Besar banget badannya untuk ukuran sekor bayi gajah.

Oh ya .. tak jauh dari situ, terdapat petugas yang membawa dua ekor burung beo. Pengunjung dipersilahkan untuk berphoto dengan kedua burung tersebut secara cuma-cuma.

Dan di ujung dari zona ini kami mendapati seekor Banteng Jawa yang tengah duduk di rerumputan. Entah mengapa kandangnya dipisahkan dengan satwa-satwa yang ada di Savannah. Mungkin, takut kalau berantem dengan satwa-satwa asing kali ya ..🙂 ..

FANTASY LAND

Zona yang jadi favorit bagi anak-anak dan tentu saja orang dewasa yang berjiwa petualang tentu saja Fantasy Land. Beragam permainan ada di sana. Dan semuanya bisa dinikmati secara cuma-cuma alias FREE.

Untuk anak-anak bisa nih mencoba permainan berikut ini :

**
     
**
     

Dan untuk remaja serta orang dewasa, bolehlah dicoba permainan-permainan berikut ini :

**
     
**
     

Buat yang menyukai tantangan horor, wahana rumah hantu yang ada di zona ini dapat dicoba untuk uji nyali.

Jika selepas menikmati permainan perut terasa lapar, pengunjung tak perlu khawatir. Beberapa bangunan foodcourt hadir di sana dengan menyajikan beragam menu makanan dan minuman.

**
     

SAFARI FARM

Apa yang ada di zona ini merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh kebun binatang ini. Di zona ini pengunjung akan diajak untuk memberi makan satwa-satwa yang ada dengan menaiki kereta. Biasanya nih, antrian untuk menaiki kereta cukup panjang. Dan beruntunglah kami, sore itu tak banyak orang yang antri di sana. Hanya menunggu satu kereta berangkat, gilirannya kamipun tiba.

**
     

Untuk menikmati kegiatan ini, pengunjung tidak dikenakan biaya. Pengunjung hanya perlu membeli paket makanan untuk satwa-satwa yang ada. Harganya Rp. 10,000 per paketnya.

**
     

Kereta yang ditarik traktor ini langsung bergerak menyusuri rute yang telah ditentukan. Pintu gerbangpun terbuka tatkala kereta ini memasuki wilayah satwa berada.

Croc Garden menjadi area pertama yang kami lewati. Seekor Buaya Muara yang habitatnya bisa di Indonesia dan Australia menyambut di sana.

Kereta kemudian bergerak menuju Happy Hippo. Di sana kami menjumpai seekor Kuda Nil Afrika yang tengah asyik berendam di kolam miliknya.

Selanjutnya adalah acara memberika makan kepada satwa.

Satwa Elk yang berasal dari Amerika Utara & Asia Timur serta Fallow Deer yang berasal Amerika / Inggris / Australia segera bergerak mendekat ke kereta. Mereka seakan telah tahu bahwa mereka akan mendapat hadiah berupa makanan dari para pengunjung.

**
     

Berpindah ke area berikutnya, di mana satwa sejenis domba datang mendekati kereta. Mereka juga hendak meminta jatah makan untuknya🙂 .. hehehe.

Teriakan geli dan tawa pengunjung terdengar begitu riuh tatkala satwa-satwa itu menghampiri kereta. Bahkan kepala satwa tersebut sampai masuk ke dalam kereta.

**
     
**
     

Dan yang paling menggelikan tentu kehadiran unta di area selanjutnya. Dengan lehernya yang panjang, dengan mudah unta tersebut menjulurkan lehernya hingga masuk ke dalam kereta. Dan tentu saja, teriakan dan tawa pengunjung kian ramai terdengar.

**
     

Berikutnya adalah area di mana Kuda Kerdil berada. Kuda-kuda tersebut juga telah siap menunggu kehadiran para pengunjung dengan sisa-sisa makanan yang ada.

Dan sebagai penutup menjelang berakhirnya safari ini, pengunjung diajak memasuki kandang Bison Amerika.

Gerbang keluar telah terbuka dan kereta bergerak menuju lokasi semula saat berangkat. Pengunjungpun dimohon untuk mencuci tangan di tempat yang telah disediakan setelah berinteraksi dengan satwa-satwa yang ada.

Sepertinya sudah 2/3 perjalanan yang kami tempuh di Secret Zoo ini. Kamipun memutuskan untuk istirahat sejenak sambil nge-teh di tempat peristirahatan.

====================================================
photo by : deddy
====================================================

bersambung …


Responses

  1. Di sebelah selatan juga terdapat wisata pulau sempu juga


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: