Posted by: deddyek | May 28, 2013

Wisata Malang-Batu-Bromo (Bagian-5) : Menuntaskan Langkah di Batu Secret Zoo

Dua pertiga perjalanan menyusuri rute wisata di Batu Secret Zoo telah sedikit menguras energi kami. Keringat yang bercucuran serta telapak kaki yang mulai pegal bercampur menjadi satu. Namun gairah untuk menuntaskan rute yang tersisa masih terus membuncah. Dan sekarang saatnya kami untuk melanjutkan kembali langkah hingga gerbang keluar.

Sore mulai menggelayuti kota wisata Batu. Angin-angin gunung berhembus sejuk ke daratan landai. Teriakan dan tawa menyatu laksana gemuruh yang memekakkan. Segelombang demi segelombang manusia kian memadati lokasi. Begitulah gambaran sore itu di kebun binatang modern ini.

Masih ada beberapa zona yang hendak kami kunjungi. Meski mungkin tak bisa semuanya kami nikmati, setidaknya kami telah memaksimalkan perjalanan kami di obyek wisata ini.

BABY ZOO AREA

Baby Zoo Area menjadi tujuan kami berikut. Harapannya sih untuk dapat menyaksikan anak-anak satwa yang lucu-lucu. Namun sayangnya, sore itu kami tak beruntung. Hanya sedikit dari anak-anak satwa yang masih berkeliaran di kandang luar. Sedangkan ruang bagian dalamnya, sementara masih dalam tahap perbaikan.

**
     

RIVER ADVENTURE

Pada zona ini pengunjung disajikan petualangan menyusuri danau buatan dengan menaiki perahu motor. Pulau-pulau kecil terlihat di tempatkan di beberapa lokasi dari danau tersebut. Nah, di pulau buatan tersebut, terdapat beberapa satwa yang ditampilkan di sana.

Sebuah perahu besar yang diibaratkan kapal Nabi Nuh dipajang di salah satu sisi dari danau. Beberapa replika satwa diletakkan di kapal tersebut. Pengunjung dapat datang dan menaiki kapal tersebut untuk sekedar photo-photo atau melihat pemandangan sekitar dari atas kapal.

**
     
**
     

TAMAN GORILA

Area ini juga menjadi tempat favorit yang dikunjungi oleh wisatawan. Bentuk tamannya sebenarnya biasa saja seperti adanya pepohonan dan bunga-bunga yang menghias. Namun, yang menjadi daya tarik adalah replika gorila yang cukup besar laksana satwa yang menjadi tokoh dalam film Kingkong.

ZONA GIRAFFE DAN HYENA

Dalam perjalanan menuju Tiger Land, pengunjung disugugi kehadiran dua jenis hewan unik dari Afrika ini. Giraffe merupakan satwa tertinggi yang hidup di darat. Tingginya bisa mencapai 4.8 meter. Sedang Hyena merupakan hewan yang memiliki keistimewaan pada longlongannya. Konon, ia mampu memanggil kelompoknya dalam radius 3 mil.

Kedua jenis hewan tersebut ditempatkan pada kandang-kandang yang cukup luas. Khusus untuk Giraffe, pengunjung diberi kesempatan masuk ke kandangnya untuk memberi makan.

**
     
**
     

ZONA KOLEKSI BERUANG

Nah di area ini, pengunjung dapat mengenal dan melihat langsung beberapa jenis beruang yang dikoleksi oleh Secret Zoo. Bentuknya yang lucu, membuat beruang-beruang tersebut menjadi sasaran jepretan dari para pengunjung. Beragam pula aktifitas dari satwa-satwa tersebut. Ada yang jalan-jalan, tiduran bahkan ada yang tengah duduk melamun.

Berikut beberapa jenis beruang yang sempat kami jepret :

**
Beruang Madu

(Asia Tenggara)

  Beruang Coklat

(Amerika Utara)

     

TIGER LAND

Akhirnya sampai juga kami di Tiger Land. Sesuai namanya, di sini kami disuguhi koleksi dari beberapa jenis macan yang ada. Sebuah lorong yang berdinding tembok dan kaca disediakan untuk pengunjung selama melihat-lihat satwa tersebut. Hanya dinding kaca yang membatasi antara pengunjung dan kandang satwa.

**
     

Berikut adalah beberapa jenis macan yang sempat kami ambil gambarnya :

**
Siberian Tiger

(China)

  Bengal Tiger

(Asia)

     
**
Golden Tiger

(India)

  White Tiger

(India)

     

MANCING HARIMAU

Di area ini pengunjung berkesempatan untuk memancing harimau putih keluar dari persembunyiannya. Tentu saja cara memancingnya adalah dengan melemparkan makanan padanya.

Sebuah shelter yang didirikan tepat di atas kandang macan menjadi lokasi untuk melakukan kegiatan tersebut. Yang menarik, lantai dari shelter tersebut terbuat dari kaca. Sehingga gerak harimau putih yang ada di bawah shelter dapat dengan jelas terlihat.

**
     

ZONA KOLEKSI SINGA

Sebagai puncak dari perjalanan sekitar tiga jam di Secret Zoo adalah kehadiran sang raja hutan. Tidak cuma satu jenis, ada beberapa jenis. Di antara singa-singa tersebut terdapat Singa Putih pertama di Indonesia. Seperti biasa, setelah perutnya kenyang, singa-singa tersebut terlihat asyik tengah bersantai di kandangnya yang luas. Kontan saja, singa-singa tersebut menjadi sasaran jepretan kamera oleh para pengunjung.

**
     

********************************************

Dan akhirnya terlihat di depan gerbang pintu keluar dari Secret Zoo, yang berarti tak lama lagi usai sudah wisata kami di kebun binatang modern ini.

Jika pada waktu kami memasuki obyek wisata, seekor tikus raksasa seakan menyambut, maka di akhir perjalanan, seekor nerval yang berasal Afrika hadir seakan mengucapkan selamat jalan kepada para pengunjung.

Bergerombol bersama puluhan pengunjung yang hendak keluar sampailah jua kami di ujung dari perjalanan yang mengesankan ini. Tiket masuk, capek dan haus terbayar lunas dengan begitu banyak pengetahuan tentang keanekaragaman satwa yang ada serta beragamnya atraksi menarik yang disajikannya.

Dan selanjutnya .. masih untuk belajar tentang satwa, kami menuju ke Museum Satwa.

====================================================
photo by : deddy
====================================================

bersambung …


Responses

  1. Foto fotonya menarik sekali..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: